Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IHSG Tersandung Aksi Profit Taking

Trust Securities menilai tersendatnya laju indeks harga saham gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Kamis (16/1/2014) akibat aksi ambil untung (profit taking) sehingga berakhir dengan penurunan indeks, setelah reli sejak awal pekan
Bursa Efek Indonesia/Bisnis
Bursa Efek Indonesia/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA— Trust Securities menilai tersendatnya laju indeks harga saham gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Kamis (16/1/2014) akibat aksi ambil untung (profit taking) sehingga berakhir dengan penurunan indeks, setelah reli sejak awal pekan.

Kepala Riset Trust Securities Reza Priyambada mengatakan meski aksi tersebut tidak sampai membuat IHSG menurun signifikan dan mendekati utang gap 4.393—4.398, tetap saja laju indeks terpengaruh.

“Laju IHSG akhirnya tersendat dengan mulai adanya aksi profit taking,” kata Reza dalam risetnya terkait perdagangan bursa hari ini, Kamis (16/1/2014).

Menurutnya, adanya pemberitaan Bank Dunia yang menilai pesimistis pertumbuhan ekonomi Indonesia, dan variatifnya laju bursa saham Asia yang mulai berkurang penguatannya, membuat pelaku pasar termotivasi untuk melakukan aksi jual.

Di sisi lain, ujarnya, kembali melemahnya nilai tukar rupiah atas dolar Amerika Serikat (AS) turut menambah sentimen negatif.

Sepanjang perdagangan hari ini, IHSG menyentuh level 4.457,76 (level tertinggi) di awal sesi. Menyentuh level 4.398,12 (level terendah) juga di awal sesi 1. Berakhir di level 4.441,59.

“Volume perdagangan dan nilai total transaksi turun. Investor asing mencatatkan net buy dengan penurunan nilai transaksi beli dan transaksi jual. Investor domestik mencatatkan net sell,” kata Reza. 

Pergerakan IHSG (16/1/2014) 

Waktu

IHSG

Buka

4.455,55

Jeda siang

4.437,84

Tutup

4.412,49

Sumber: Bloomberg, 2014

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper