Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Laris & Kuatkan IHSG, BBRI, BMRI, BBCA Disebut 3 Musketeers Perbankan

Indeks harga saham gabungan (IHSG) yang melesat saat perdagangan Senin (13/1/2014) dengan kenaikan 3,19% memang memukau, dan dinilai melampaui ekspektasi
Bursa Efek Indonesia/Bisnis
Bursa Efek Indonesia/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA— Indeks harga saham gabungan (IHSG) yang melesat saat perdagangan Senin (13/1/2014) dengan kenaikan 3,19% memang memukau, dan dinilai melampaui ekspektasi.

Saat perdagangan Senin (13/1/2014) tersebut penguat indeks terutama didorong saham BBRI, BMRI, dan BBCA. Asing juga memburu saham tersebut pada perdagangan Senin.

Tercatat saham yang menempati top gainers antara lain BBRI (+10.20%), BMRI (+6.67%), ASII (+3.70%), BBCA (+4.26%), dan UNVR (+4.34%).

Pemodal asing tercatat melakukan aksi beli bersih atau net buy di pasar reguler sebesar Rp1,93 miliar, dengan saham yang paling banyak dibeli antara lain BBRI, BMRI, SMGR, TLKM, dan BBCA (Bisnis.com,13/1/2014).

Analis pun mengomentari saham penguat utama IHSG pada perdagangan Senin, bahkan Kepala Riset Trust Securities Reza Priyambada menggambarkan BBRI, BMRI, dan BBCA sebagai Three Musketeers perbankan

“IHSG melesat. Investor pun kembali memburu saham-saham big caps, terutama Three Musketeers perbankan a.l BBRI, BMRI, dan BBCA,” kata Reza dalam risetnya.

Dia mengatakan IHSG menorehkan prestasi yang luar biasa di awal tahun. Di tengah anggapan adanya aturan frasksi yang dapat menghambat laju IHSG, ternyata indeks mampu mengalami kenaikan signifikan.

Adanya imbas pergerakan bursa saham Asia yang cukup positif setelah merespons penguatan laju bursa saham Amerika Serikat pasca dirilisnya pertumbuhan nonfarm payrolls yang rendah, membuat IHSG kembali mendapatkan angin segar untuk melanjutkan kenaikannya.

Bahkan terus positifnya laju nilai tukar rupiah, serta besarnya aksi beli asing turut memberikan tambahan amunisi kepada IHSG untuk melesat.

Volume perdagangan dan nilai total transaksi naik. Investor asing mencatatkan net buy dengan kenaikan nilai transaksi beli dan transaksi jual. Investor domestik mencatatkan net sell.

Seperti diketahui The Three Musketeers merupakan film yang memiliki hikmah dan inspirasi bagi kehidupan, diantaranya terkait makna cinta Tanah Air dan persahabatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper