Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rothschild Dukung Pemisahan Bumi Plc Dari Bakrie

Selang beberapa hari sebelum rapat umum pemegang saham Bumi Plc digelar, Nathaniel Rothschild, pemegang saham utama Bumi Plc, setuju untuk mendukung pemisahan Bumi Plc dari Grup Bakrie.

Bisnis.com, JAKARTA – Selang beberapa hari sebelum rapat umum pemegang saham Bumi Plc digelar, Nathaniel  Rothschild, pemegang saham utama Bumi Plc, setuju untuk mendukung pemisahan Bumi Plc dari Grup Bakrie.

Rothschild akhirnya mendukung pemisahan setelah berdiskusi dengan direksi Bumi Plc dan Chairman Bumi Plc Samin Tan. Dukungan tersebut termuat dalam perjanjian antara Rothschild dengan Bumi Plc.

Pada RUPS 17 Desember nanti, Rothschild berhak memberikan suara dalam mendukung resolusi nomor 1, 4, dan 5. Namun, dia dilarang memberi suara pada resolusi nomor 2 dan 3 sesuai UK Takeover Code karena sudah terbangun perjanjian antara Rothscild dan Bum Plc.

Perjanjian itu juga memuat ketentuan bahwa Rothschild dan afiliasinya sepakat untuk tidak meneruskan gugatan kepada Bumi Plc dan pihak-pihak yang terkait dengan Bumi, termasuk Samin Tan dan Grup Bakrie.

Perjanjian dukungan pemisahan belumlah efektif berlaku karena harus mendapat persetujuan pemegang saham pada 17 Desember 2013. Jadi, agenda RUPS Bumi nanti ada tiga: mencari solusi atas rencana pemisahan Bumi Plc dari Grup Bakrie, membahas usulan perubahan nama Bumi Plc, dan meminta persetujuan atas perjanjian Rothschild dan direksi Bumi Plc.

Karena telah mendukung pemisahan, Rothschild diberi ‘hadiah’ oleh perseroan untuk mengajukan sebuah nama sebagai direktur independen ke dalam susunan dewan direksi. Nantinya, nama usulan Rothschild akan dievaluasi oleh komite nominasi Bumi Plc dengan referensi khusus ke UK Corporate Governance Code.

“Prioritas pertama saya akan melindungi kepentingan pemegang saham independen Bumi Plc. Cara terbaik untuk dapat mempengaruhi perseroan adalah mencalonkan seorang direktur untuk duduk di direksi independen,” kata Rothschild dalam situs Bumi Plc, Jumat, (13/12).

Rothschild keluar dari bangku direksi pada 2012 di tengah panasnya pertikaian Bumi Plc dengan Grup Bakrie.

Dia menyatakan telah berdiskusi secara konstruktif dengan Samin Tan dan Nick von Schirnding. Ketiganya sepakat untuk memberikan nilai bagi semua pemegang saham.

Nick von Schirnding, Chief executive Bumi Plc, menyatakan sangat senang bahwa Rothschild telah mendukung pemisahan.

“Nat ialah investor utama di perseroan ini dan kami berharap dapat bekerja sama dengan direktur independen nominasinya. Perjanjian ini akan membantu kami utuk memberikan transaksi value-accretive yang terbaik bagi kepentingan semua pemegang saham,” tutur Schirnding.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper