Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HM Sampoerna Raup Laba Rp5,01 Triliun

  Bisnis.com, SURABAYA – PT HM Sampoerna Tbk selama semester I/2013 membukukan pendapatan senilai Rp36,20 triliun dengan laba bersih Rp5,01 triliun, yang ditopang kenaikan volume penjualan produk rokok segmen low tar low nicotine dan sigaret

  Bisnis.com, SURABAYA – PT HM Sampoerna Tbk selama semester I/2013 membukukan pendapatan senilai Rp36,20 triliun dengan laba bersih Rp5,01 triliun, yang ditopang kenaikan volume penjualan produk rokok segmen low tar low nicotine dan sigaret kretek tangan (SKT).

Perusahaan rokok yang mengoperasikan sejumlah pabrik SKT dan sigaret kretek mesin (SKM) di Jawa Timur itu mencatat pangsa pasar di dalam negeri 36,1% pada kuartal II/2013 atau naik 0,9 poin dibandingkan periode sama 2012.

Presiden Direktur PT HM Sampoerna Tbk Paul Janelle menyebutkan kinerja perseroan selama semester I tahun ini mengalami kenaikan dibandingkan periode sama pada 2012, berupa tingginya pertumbuhan volume penjualan segmen low tar low nicotine.

Menurut dia, segmen SKT juga masih menunjukkan performa yang baik seperti dibuktikan investasi pada pabrik baru di Jember, Jawa Timur, yang diresmikan beberapa bulan lalu.

“Pendapatan kami pada Januari – Juni tahun ini tercatat Rp36,20 triliun dengan laba bersih  Rp5,01 triliun yang merupakan kenaikan dibandingkan periode sama tahun lalu Rp31,89 triliun dan laba bersih Rp4,88 triliun. Kami menguasai pangsa pasar 36,1%,” ujarnya melalui siaran pers hari ini, Kamis (1/8 2013).

Paul tidak merinci berapa juta atau miliar batang volume produk rokok yang terjual selama semester I tahun ini, hanya disebutkan pertumbuhan penjualannya tergolong tinggi.

Dia menambahkan pada paruh pertama tahun ini Sampoerna menyetorkan pajak (termasuk cukai produk tembakau) senilai Rp20,9 triliun, yang merupakan kenaikan 14,9% dibandingkan periode sama 2012 senilai Rp18,2 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Adam A. Chevny
Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper