Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

CEO Bumi PLC Nick Didesak Mundur oleh Rothschild

Nat RothschildBISNIS.COM, JAKARTA—Nat Rothschild, seteru Grup Bakrie dalam Bumi Plc, mendesak Nick von Schirnding selaku CEO Bumi Plc untuk segera meninggalkan perusahaan setelah RUPS Tahunan yang digelar Rabu (26/6) pekan depan.  

Nat Rothschild

BISNIS.COM, JAKARTA—Nat Rothschild, seteru Grup Bakrie dalam Bumi Plc, mendesak Nick von Schirnding selaku CEO Bumi Plc untuk segera meninggalkan perusahaan setelah RUPS Tahunan yang digelar Rabu (26/6) pekan depan.  

Seperti dikutip dari keterangan resmi yang diterima Bisnis, Jumat (21/6/2013), Nat juga mendesak Nick untuk mengabaikan bonus yang diterimanya selama bekerja di Bumi Plc.

“Dalam voting di RUPS pekan depan, kami akan menolak keberadaan seluruh manajemen, kecuali Sir Richard Gozney,” ujar Nat seperti dikutip, Jumat (21/6/2013).

Seperti diketahui, 19 dari 22 resolusi yang diajukan Nat Rothschild melalui NR Investments Ltd telah ditolak dalam RUPS Luar Biasa yang digelar 21 Februari lalu. Hasilnya, semua direktur tetap di jajaran direksi kecuali Nalin Rathod dan Jean-Marc Mizrahi.

Selanjutnya, Sir Richard Gozney terpilih sebagai Direktur Independen NonEksekutif yang baru. Sir Richard adalah bekas Duta Besar Inggris untuk Indonesia. Sementara, Graham Holdaway terpilih kembali sebagai Direktur Independen NonEksekutif.

Sementara itu, Sony Budi Harsono dan Philip Yeo memilih mundur dari jabatannya sebagai Direktur Independen NonEksekutif efektif per 15 Maret 2013. Sehingga, susunan direksi Bumi Plc saat ini adalah terdiri dari satu orang Chairman yaitu Samin Tan.

Selanjutnya, dua orang Direktur Eksekutif yaitu Nick von Schirnding (sekaligus CEO) dan Scott Merrillees (sekaligus Direktur Keuangan). Namun, Scott sudah menyatakan tidak bersedia dipilih kembali sebagai Dirkeu pada RUPS Tahunan nanti.  

Jajaran direksi juga terdiri dari delapan orang Direktur NonEksekutif, yaitu Sir Julian Horn-Smith, Lord Robin Renwick, Steven Shapiro, Sir Graham Hearne, Amir Sambodo, Graham Holdaway, Alexander Ramlie, dan Sir Richard Gozney.

Tujuh di antara mereka (kecuali Alexander Ramlie), adalah Independen. Selain itu, Sir Julian Horn-Smith juga bertindak sebagai Direktur Independen Senior dan Deputy Chairman.

Dalam perkembangan terbaru, tepatnya pada Minggu (16/6), The Sunday Times melaporkan bahwa Bumi Plc telah menunjuk John Manzoni, mantan eksekutif BP, sebagai Chairman yang baru menggantikan Samin Tan.

Menurut The Sunday Times, pria berumur 52 tahun itu telah setuju untuk bergabung dengan Bumi Plc. Sebelum menjadi Chief Executive of Talisman Energy sejak 2007, John Manzoni sebelumnya bergabung dengan BP selama 24 tahun.  

Di sisi lain, Samin Tan sudah menyatakan bahwa ia akan mundur dari kursi chairman Bumi Plc, saat chairman independen yang baru telah ditentukan. Seperti diketahui, Bumi Plc saat ini masih merupakan induk usaha dari PT Berau Coal Energy Tbk (BRAU) dan PT Bumi Resources Tbk (BUMI).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper