Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pekerja FREEPORT Mogok, Harga Tembaga Naik

BISNIS.COM, TOKYO—Harga tembaga mengalami penaikan bulanan pertama di tengah kekhawatiran bahwa para penambang akan menolak untuk melanjutkan bekerja di tambang Freeport-McMoRan Copper & Gold Inc, Grasberg, Indonesia, setelah kecelakaan menghentikan

BISNIS.COM, TOKYO—Harga tembaga mengalami penaikan bulanan pertama di tengah kekhawatiran bahwa para penambang akan menolak untuk melanjutkan bekerja di tambang Freeport-McMoRan Copper & Gold Inc, Grasberg, Indonesia, setelah kecelakaan menghentikan produksi.

Nilai tembaga untuk pengiriman 3 bulan di London Metal Exchange naik sebanyak 0,4% menjadi US$7.349,25 per ton dan berada di US$7.341,50 pada pukul 10.19 di Tokyo. Harga telah naik 4,1% bulan ini. Nilai kontrak untuk pengiriman Juli di Comex naik 0,4% menjadi US$3,327 per pon.

Virgo Solossa, kepala cabang Serikat Pekerja Indonesia di bidang Kimia, Energi dan Sektor Pertambangan di Mimika mengatakan pekerjaan di kompleks Grasberg harus ditunda sampai penyelidikan di balik runtuhnya terowongan yang menewaskan 28 orang tersebut telah selesai. Serikat pekerja akan menyerukan para pekerja untuk tidak kembali bekerja hari ini, katanya.

Adapun Hwang Il Doo, seorang pedagang senior di Korea Exchange Bank Futures Co di Seoul mengatakan berita terbaru Freeport tersebut memicu keprihatinan atas gangguan pasokan tambang, memberikan dukungan ke pasar.

“Harga tembaga juga didukung setelah produksi industri Jepang tumbuh lebih cepat dari perkiraan bulan lalu,” katanya seperti dikutip di Bloomberg (31/5).

Sementara Freeport perlahan-lahan melanjutkan operasi setelah pekerjaan dimulai lagi di tambang open-pit dan pabrik pengolahan pada 29 Mei. Adapaun kecelakaan itu terjadi pada 14 Mei.

Lebih lanjut, stok tembaga yang dipantau oleh LME jatuh untuk sesi kelima menjadi 611.125 ton. Persediaan diperkirakan mengalami penurunan bulanan pertama sejak September. Kontrak untuk pengiriman September naik 1,1% pada 52.990 yuan (US$8.643) per ton di Shanghai Futures Exchange. Di LME, nikel juga naik, sementara aluminium, seng dan timah jatuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Giras Pasopati
Editor : Ismail Fahmi
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper