Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AKSI KORPORASI:Vikram Pandit Kuasai JM Financial Ltd.

Vikram Pandit                               Foto: weeklyvoice.com BISNIS.COM, JAKARTA—Mantan CEO

Vikram Pandit                               Foto: weeklyvoice.com

BISNIS.COM, JAKARTA—Mantan CEO Citigroup Inc. Vikram Pandit membeli saham JM Financial Ltd. India dan akan memegang posisi kunci di tengah rencana perusahaan itu mendirikan sebuah bank, menurut perushaan berkantor pusat di Mumbai tersebut.

Pandit merupakan bagian dari kelompok kecil investor yang akan memegang 3% saham ekuitas di JM Financial, menurut perusahaan investasi itu kemarin saat memberikan pernyataan ke bursa saham setempat.  Perusahaan itu menyatakan pihaknya tengah mengajukan perizinan usaha perbankan dan akan mencalonkan Pandit sebagaia ketua non-eksekutif.

Dia juga akan membantu JM Financial menciptakan sebuah pendanaan untuk membeli sejumlah aset yang dinilai merugi dan mengembangkan bisnis pinjaman dan keuangannya.

Kesepakatan itu merupakan investasi publik pertama Pandit sejak para direktur Citigroup menyingkirkannya sebagai CEO pada Oktober tahun lalu. Dewan Direksi menyimpulkan bahwa Pandit, pria berusia 56 tahun asal Nagpur, India, melakukan kesalahan dalam mengelola operasional bank tersebut meski sebagian kalangan menilai dia sangat mengusai persoalan perbankan. Pandit berhasil membangkitkan Citigroup dengan meningkatkan keuntungan dari negara berkembang termasuk India.

“Saya selalu percaya India punya prospek untuk pertumbuhan jangka panjang,” ujar Pandit. JM Financial bisa menyediakan layanan perbankan dan keuangan yang diperlukan India, ujarnya sebagaimana dikutip Bloomberg, Jumat (17/5/2013).

Harga saham JM Financial naik 15% menjadi 27,15 rupee pada sesi perdagangan pagi pukul 11:55 pagi waktu setempat di Mumbai atau 12.30 WIB setelah naik 16% kemarin. Saham perusahaan itu turun 16% pada tahun ini hingga 11 Mei. Perusahaan itu juga berminat pada investasi perbankan, perdagangan dan manajemen aset, menurut situs Web perusahaan tersebut.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper