Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

INDEKS BEI: Prediksi IHSG Hari Ini Versi Henanputihray

BISNIS.COM, JAKARTA--Henanputihray memprediksi pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Rabu (8/5/2013), akan bergerak pada level 4.965-5.076.Perkiraan itu mengacu perkembangan Dow Jones dan S&P 500 yang mencetak rekor

BISNIS.COM, JAKARTA--Henanputihray memprediksi pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Rabu (8/5/2013), akan bergerak pada level 4.965-5.076.

Perkiraan itu mengacu perkembangan Dow Jones dan S&P 500 yang mencetak rekor tertinggi pada penutupan Selasa.

Dow Jones ditutup di atas level 15,000 (+0.58%) untuk pertama kalinya dan S&P 500 ditutup di level 1,625 (+0.52%).

Saham-saham Amerika menurutnya masih dipengaruhi oleh keputusan Federal Reserve terhadap pembelian obligasi dan hasil laporan-laporan keuangan perusahaan .

Bank Central Australia (RBA) menurunkan suku bunga sebesar 25 basis point (bp) dari 3% ke level 2.75% dan dinilainya mendorong AUD melemah terhadap USD.

Penurunan suku bunga ini seiring dengan lemahnya data ekonomi Australia seperti penurunan retail sales bulan Maret dan ekspektasi akan tingkat penganguran Australia yang masih tinggi.

Dijelaskannya, setelah Jumat pekan lalu ECB melakukan penurunan suku bunga ke level 0,5%, Bursa Eropa kembali menguat yang juga ditopang oleh laporan keuangan dari sektor perbankan di Inggris, Perancis dan Jerman.

Beberapa bank besar seperti HSBC, Standard Chartered, Barclays,  Lloyds Banking Group dan Societe Generale melaporkan kenaikan laba bersih pada laporan keuangan Q1 2013 melampaui perkiraan analis.

Selain itu, Stoxx Europe 600 Index (SXXP) juga menguat 0.3% ke level 301.80 atau merupakan level penutupan tertinggi sejak Juni 2008.

Dari Jerman, pesanan untuk barang-barang pabrik meningkat signifikan dibandingkan ekspektasi pasar.

Kenaikan pesanan manufaktur Jerman bulan Maret tumbuh 2,2 % dipicu oleh kenaikan ekspor dan permintaan di zona Euro dan kenaikan pesanan manufaktur Jerman diperkirakan menunjukkan ekonomi Eropa yang mulai pulih.

sementara Bursa Jepang kembali dibuka setelah libur panjang Golden Week, yang diawali dengan menguatnya Nikkei hingga menembus level  14,180.24, level tertinggi sejak Juni 2008.

Kenaikan yang terjadi di bursa Jepang, diperkirakannya sebagai reaksi terhadap suku bunga Eropa, nonfarm payroll data di US dan komitmen Federal Reserve terhadap pembelian obligasi (bond) per bulan.

Karena itu Henanputihray memperkirakan IHSG akan bergerak pada kisaran 4965 - 5076 pada perdagangan hari ini menjelang liburnya IHSG besok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Yoseph Pencawan
Editor : Others
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper