Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

HARGA EMAS: Futures Emas Turun Terbesar Sejak 1,5 Tahun

BISNIS.COM, NEW YORK-Harga kontrak berjangka (futures) emas mengalami penurunan mingguan terbesar sejak 1,5 tahun lalu yang ditengarai disebabkan oleh menurunnya ekspansi ekonomi China dan melambatnya pertumbuhan pendapatan AS. Penurunan serupa juga
Yusran Yunus
Yusran Yunus - Bisnis.com 20 April 2013  |  11:46 WIB
HARGA EMAS: Futures Emas Turun Terbesar Sejak 1,5 Tahun
Bagikan

BISNIS.COM, NEW YORK-Harga kontrak berjangka (futures) emas mengalami penurunan mingguan terbesar sejak 1,5 tahun lalu yang ditengarai disebabkan oleh menurunnya ekspansi ekonomi China dan melambatnya pertumbuhan pendapatan AS.

Penurunan serupa juga dialami tembaga di pasar komoditas.

Futures emas turun 7% ke US$1.395,6 per ounce sepanjang pekan ini dan harga tembaga turun 5,6% di London yang membukukan penurunan terbesar sejak Desember 2011, kutip Bloomberg (20/4/2013).

Secara umum, kondisi serupa juga terjadi di Indeks GSCI yang diterbitkan The Standard & Poor yang berisi 24 komoditas, yang turun 2,5%, melanjutkan penurunan dalam 3 pekan terakhir.

Indeks lainnya yakni indeks saham The MSCI All-Country World Index yang mencakup 45 pasar, turun 2,2% pekan ini. Di sisi lain, harga surat utang negara AS naik, ketika nilai tukar euro dan yen turun dibandingkan dengan dolar AS.

“Kami memiliki psikologi negatif di komunitas investasi dunia,” ujar Michael Holland yang mengelola lebih dari US$4 miliar di perusahaan Holland & Co.

Menurutnya, pelaku investasi dunia menerima isu simultan tentang perekonomian di seluruh negara dunia, yang dimulai dengan AS dan China yang merupakan paduan ekonomi terbaik, kemudian dilanjutkan dengan laporan pendapatan AS, yang juga sangat tepat dipadukan menjadi sentimen negatif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

emas gold futures

Sumber : Bloomberg

Editor : Yusran Yunus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top