Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BURSA EROPA: Penjualan Mobil Turun, Saham Berjatuhan

BISNIS.COM, LONDON--Saham Eropa di bursa kembali turun untuk  keempat hari, di mana Stoxx Europe 600 Index (SXXP) jatuh ke level terendah untuk tahun ini, karena saham  produsen komoditas dan mobil meluncur.

BISNIS.COM, LONDON--Saham Eropa di bursa kembali turun untuk  keempat hari, di mana Stoxx Europe 600 Index (SXXP) jatuh ke level terendah untuk tahun ini, karena saham  produsen komoditas dan mobil meluncur.

BHP Billiton Ltd (BHP) mundur ke posisi terendah dalam 7 bulan setelah perusahaan tambang terbesar di dunia itu mengatakan produksi bijih besi pada kuartal ketiga  kurang dari yang diharapkan.

Volkswagen AG dan Bayerische Motoren Werke AG jatuh setidaknya 2,8%  karena data menunjukkan penjualan mobil Eropa turun 10%  pada  Maret. Tesco Plc (TSCO) kehilangan 3,9%  setelah melaporkan laba pertama tahunan turun  dan mengatakan akan keluar dari AS.

Indeks Stoxx Europe 600 turun 1,5%  menjadi 283,73 pada penutupan perdagangan, level terendah sejak 31 Desember. Indeks itu sebelumnya meluncur di tengah spekulasi peringkat kredit Jerman bisa diturunkan, sebelum kembali  rugi  dalam  waktu 15 menit. Indeks itu masih naik 1,5% untuk tahun ini karena anggota parlemen AS menyetujui anggaran kompromi dan bank sentral mempertahankan langkah-langkah stimulus.

"Investor khawatir bahwa ekonomi Jerman tidak  begitu kuat lagi, dan menyebarnya rumor downgrade Jerman  lebih menakutkan   pasar hari ini," kata John Plassard, wakil presiden di Mirabaud Securities LLP di Jenewa yang membantu mengawasi asset US$28 miliar. "Ditambah dengan angka PDB China yang mengecewakan pada awal pekan ini dan harga emas terjun, kita berada di tengah fase ketidakpastian dan mungkin koreksi -  hal terakhir yang diinginkan  pelaku pasar  adalah mendengar  soal rumor downgrade ."

Sekitar 14.000 kontrak di DAX  Indeks yang berakhir pada  Juni berpindah tangan dalam waktu lima menit pada  pukul 09:50 waktu  Frankfurt, hari ini. Volumenya  lebih dari 15 kali  dari volume rata-rata 20 harian, demikian menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg. Volatilitas indeks disebabkan oleh peristiwa eksternal, kata operator Deutsche Boerse,  dalam sebuah pernyataan.

Sejumlah 16 dari 18 indeks nasional di bursa  Eropa barat turun. Indeks FTSE 100 Inggris tergelincir 1%, Index DAX Jerman  turun 2,3%  dan CAC 40 Prancis kehilangan 2,4%.

"Dalam jangka pendek, kita telah melihat sedikit kegugupan terkait dengan angka kemiskinan di China   dan aksi jual pada komoditas - dan kita melihat saham pertambangan juga ikut membebani hari ini," kata Jean-Paul Jeckelmann, kepala investasi di Banque Bonhote & Cie di Neuchatel, Swiss, yang membantu mengelola US$1,4 miliar  ekuitas.

Volume saham perusahaan yang berpindah tangan di Stoxx 600  mencapai 6,1%, lebih besar dari rata-rata bulanan, demikian menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg.

Kondisi ini salah satunya dipicu oleh  angka pengangguran di Inggris  yang naik dengan cepat dalam kurun waktu kurang lebih 1 tahun dan kenaikan upah yang lambat. Pengangguran yang diukur menggunakan metode Organisasi Buruh Internasional (ILO) naik 70.000 menjadi 2,56 juta orang dalam 3 bulan sejak Februari. Terbesar sejak November 2011, kata Kantor Statistik Nasional Inggris, Rabu atau Kamis WIB di London.

BHP Billiton (BLT) turun 3,4%  menjadi 1.779 pence. Output bijih besi, hasil  terbesar,  40,2 juta  ton dalam tiga bulan hingga 31 Maret, sedangkan dalam survey Bloomberg, perkiraan  (harusnya) 42,3 juta ton.

Indikator perusahaan tambang Eropa merosot ke level terendah sejak Juli 2009.  Rio Tinto Group dan Anglo American Plc masing-masing turun 3,6%  menjadi 2.854.5 pence, dan 2,1%  menjadi 1.553 pence.

Saham  Volkswagen turun 2,9%  menjadi € 141,45. BMW menurun 2,8% menjadi 65 euro. Penjualan mobil Eropa sedang menuju ke arah terendah dalam 20  tahun,  Maret sudah turun 10%, dipimpin oleh pasar mobil di Jerman  yang anjlok 17%,  demikian menurut European Automobile Manufacturers’ Association (ACEA)  yang berbasis di Brussels hari ini.

Perusahaan ritel terbesar di Inggris, Tesco turun 3,9%  menjadi 369,8 pence setelah mereka mengatakan akan keluar dari AS dan mengambil biaya 1,2 miliar pound  untuk mengakhiri bisnis Fresh & Easy. Laba perdagangan turun 13%  menjadi 3,45 miliar pound dalam 52 minggu.

BASF SE turun 3,8%  menjadi € 65,55, harga terendah dalam hampir lima bulan, setelah Nomura Holdings Inc memotong rekomendasi pembelian  untuk perusahaan pembuat bahan kimia terbesar di dunia itu sebaiknya  netral, setara dengan menahan diri, karena adanya penurunan risiko  dari rata-rata konsensus perkiraan.

Bayer AG tergelincir 4,3%  menjadi € 77,58 setelah pengadilan banding AS memutuskan paten perusahaan itu pada pil KB Yaz tidak valid, sehingga memastikan Actavis Inc dan Unit Sandoz Novartis AG dapat menjual kontrasepsi tiruan.(msb)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Martin Sihombing
Sumber : Barcelona.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper