Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Emas Hari Ini Terperosok Tajam

BISNIS.COM, JAKARTA -- Harga emas terperosok tajam mencapai US$140 hari ini, Senin (15/4/2013). Data PT Monex Investindo Futures menunjukkan pergerakan berada di area high US$1.495,49 dan low US$1.355,47. "Pelemahan emas terbesar sepanjang sejarah secara

BISNIS.COM, JAKARTA -- Harga emas terperosok tajam mencapai US$140 hari ini, Senin (15/4/2013).

Data PT Monex Investindo Futures menunjukkan pergerakan berada di area high US$1.495,49 dan low US$1.355,47. "Pelemahan emas terbesar sepanjang sejarah secara nominal akibat kenaikan margin trading Shanghai Gold Exchange," menurut laporan singkat pialang berjangka itu.

Kenaikan trading di bursa berjangka Shanghai itu mencapai 12%. Pelemahan juga terpengaruh spekulasi penjualan cadangan emas bank sentral negara-negara Eropa yang bermasalah hutang selain Siprus.

Sebelumnya, Jumat (12/4/2013) perdagangan emas berada di titik bearish US$1.482,75 per ounce. Analis logam mulia Andian Widjaya menyatakan aksi penjualan emas setelah rencana penjualan logam mulia oleh Siprus menjadi salah satu pendorongnya.

“Koreksi pada Senin kembali terjadi, harga bisa turun melewati support 1.500 dan pelemahan dapat berlanjut,” ujar periset PT Monex itu.

Andian menyebut harga obral emas itu merupakan dampak kekhawatiran berkurangnya pembelian emas fisik di pasar China. Padahal, 2 minggu sebelumnya harga telah mencoba level US$1.600.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper