Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

HENAN PUTIHRAI: Pasar Khawatir Siprus Gagal Diselamatkan

BISNIS.COM, JAKARTA--Penurunan bursa AS terjadi kendati Uni Eropa dan Siprus telah berhasil mencapai kata sepakat.
Lahyanto Nadie
Lahyanto Nadie - Bisnis.com 26 Maret 2013  |  09:40 WIB

BISNIS.COM, JAKARTA--Penurunan bursa AS terjadi kendati Uni Eropa dan Siprus telah berhasil mencapai kata sepakat.

Namun adanya kekhawatiran pasar terhadap proses restrukturisasi perbankan Siprus menjadi pemicu naik turunnya pasar di Amerika, pasar khawatir kegagalan penyelamatan Siprus akan berdampak terhadap stabilitas Uni Eropa, menurut analsis Henan Putihrai yang dikirimkan kepada Bisnis hari ini Selasa (26/3/2013).

Indeks bursa saham acuan Amerika kembali ditutup melemah pada perdagangan hari Senin (25/3/2013), menghapus kenaikan yang sempat dibukukan oleh Indeks S&P dengan mencapai posisi kurang satu poin dari rekor tertingginya.

Setelah sempat di buka menguat merespon kesepakatan dasar bagi bailout Siprus, bursa Eropa akhirnya ditutup melemah Kesepakatan yang menyertai bailout Siprus ini di antaranya restrukturisasi bagi dua bank terbesar dan rasionalisasi aset perbankan nasional.

Kesepakatan ini menjadi dasar penyaluran bantuan senilai 10 miliar euro. Pelemahan bursa Eropa terutama dipicu oleh melemahnya saham-saham perbankan di Italia dan Spanyol setelah pemimpin menteri keuangan Eropa menyatakan program penyelamatan perbankan Siprus akan menjadi dasar bagi masalah perbankan yang berpotensi muncul dimasa mendatang.

Yield obligasi pemerintah Italia dan Spanyol bertenor 10 tahun menguat ke 4,6% dan 4,95%. Vix Indeks bergerak melemah tipis.

Euro melemah dipicu kekhawatiran terhadap penerapan blueprint bantuan finansial kepada negara-negara yang bermasalah.

Bursa Asia bergerak melemah pagi ini dipicu penguatan Yen dan kekhawatiran perkembangan situasi di Eropa terkait krisis Siprus. IHSG diperkirakan akan bergerak di kisaran 4.738-4.807. (LN)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

eropa analisis bailout krisis siprus henan putihrai
Editor : Others

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top