Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AKUISISI HD FINANCE: Grup Trakindo Rampungkan Tahap I

BISNIS.COM, JAKARTA--Grup Trakindo yang dikendalikan oleh keluarga Hamami, PT Tiara Marga Trakindo (TMT), mengakuisisi 693 juta saham atau 45% saham PT HD Finance Tbk dari dua pemegang saham pengendali.Berdasarkan keterangan resmi menajemen Tiara Trakindo

BISNIS.COM, JAKARTA--Grup Trakindo yang dikendalikan oleh keluarga Hamami, PT Tiara Marga Trakindo (TMT), mengakuisisi 693 juta saham atau 45% saham PT HD Finance Tbk dari dua pemegang saham pengendali.

Berdasarkan keterangan resmi menajemen Tiara Trakindo yang dipublikasikan hari ini, Senin (11/3/2013), transaksi pengambilalihan saham dari PT HD Corpora dan Wealth Paradise Holdings Ltd itu telah dilakukan pada 8 Maret 2013.

"Keduanya merupakan pemegang saham pengendali HD Finance," tulis manajemen Tiara Trakindo.

Perseroan merupakan holding company dari Grup TMT yang memiliki sejumlah anak usaha yang bergerak diberbagai bidang kegiatan usaha a.l. mineral, energi, properti, dan keagenan alat-alat berat.

ABM Investama merupakan salah satu divisi usaha Grup yang dikenal sebagai distributor alat berat bermerek Caterpillar itu.

"Pengambalialihan dimaksudkan dalam rangka diversifikasi portofolio investasi pada Grup TMT," jelas manajemen.

HD Finance merupakan perusahaan pembiayaan yang fokus pada kredit sepeda motor. HD Finance didirikan pada 1972 dan go public pada Mei 2011.

Berdasarkan catatan Bisnis, transaksi akuisisi ini merupakan tahap I dari total rencana akuisisi sebesar 785,4 juta saham atau 51% saham HD Finance dari HD Corpora dan Wealth Paradise Holdings Ltd.

Dalam conditional sale and purchase agreement (CSPA) yang ditandatangani oleh ketiga pihak, pada tahap II TMT akan membeli saham HD Finance maksimum 6%.

Pascatransaksi ini, posisi pemegang saham pengendali akan berpindah tangan dari HD Corpora dan Wealth Paradise yang sebelumnya menguasai 70,13% saham, kepada Grup TMT.

Sesuai ketentuan pasar modal, perseroan akan melakukan penawaran tender wajib (tender offer) atas sisa saham dari HD Finance yang dimiliki oleh pemegang saham lainnya.

Dalam ketentuan CSPA, jika dalam masa tender offer tersebut kepemilikan Grup TMT terhadap HD Finance telah mencapai 51%, akuisisi tahap II tidak akan dilaksanakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Achmad Aris
Editor : Others
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper