Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AKUISISI 60% Saham Carrefour oleh CT Corp Tuntas

JAKARTA--Proses akuisisi 60% saham Carrefour senilai 525 juta Euro atau US$671 juta telah rampung.Berdasarkan keterangan resmi manajemen PT Trans Retail Indonesia, unit bisnis ritel milik pengusaha Chairul Tanjung, Rabu (13/2), kepemilikan 60% saham

JAKARTA--Proses akuisisi 60% saham Carrefour senilai 525 juta Euro atau US$671 juta telah rampung.

Berdasarkan keterangan resmi manajemen PT Trans Retail Indonesia, unit bisnis ritel milik pengusaha Chairul Tanjung, Rabu (13/2), kepemilikan 60% saham carrefour oleh Carrefour Nederland B.V dan Onesia B.V telah dialihkan seluruhnya kepada perseroan.

"[Pengalihan saham tersebut] berlaku efektif sejak 16 Januari 2013," tulis manajemen perseroan dalam keterangan resminya di surat kabar nasional.

Pascatransaksi ini, CT Corp sebagai induk usaha Trans Retail akan memegang penuh kendali atas peritel terbesar ketiga di Indonesia itu, dengan 84 toko dan pendapatan mencapai 1 miliar euro pada 2011.

Berdasarkan catatan Bisnis, pelepasan saham Carrefour tersebut karena perusahaan tengah merampingkan jumlah karyawan dan pasar-pasar yang tidak mampu dikuasainya guna meningkatkan kas internal dan memangkas utang sebagai bagian dari rencana ‘perubahan haluan’ yang diterapkan CEO Carrefour Georges Plassat.

Pada November 2012, peritel ini juga telah menjual unit usahanya di Malaysia kepada Aeon Co. senilai 250 juta euro. Pada bulan sebelumnya, Carrefour juga keluar dari Singapura dan Yunani, serta sepakat menjual unit usahanya di Kolombia kepada Cencosud SA senilai 2 miliar euro.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Achmad Aris
Editor : Others
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper