Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Strategi WSKT & JSMR Lunasi Obligasi Tempo Semester II/2018

PT Waskita Karya (Persero) Tbk. dan PT Jasa Marga (Persero) Tbk. menyiapkan dana untuk melunasi obligasi yang akan jatuh tempo pada kuartal III/2018 dan kuartal IV/2018.

Bisnis.com, JAKARTA— PT Waskita Karya (Persero) Tbk. dan PT Jasa Marga (Persero) Tbk. menyiapkan dana untuk melunasi obligasi yang akan jatuh tempo pada kuartal III/2018 dan kuartal IV/2018.

Berdasarkan data PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), yang dilansir Rabu (19/9/2018), Waskita Karya memiliki obligasi jatuh tempo senilai Rp350 miliar pada 16 Oktober 2018. Nilai tersebut berasal dari emisi Obligasi Berkelanjutan I Waskita Karya Tahap II Tahun 2015 Seri A.

Surat utang tersebut dicatatkan pada 19 Oktober 2015 dengan tingkat kupon tetap 10,4%. Adapun, jangka waktu pembayaran bunga dilakukan tiap 3 bulan.

Sekretaris Perusahaan Waskita Karya Shastia Hadiarti mengatakan perseroan telah menyiapkan pembayaran untuk obligasi yang akan jatuh tempo tersebut. Menurutnya, emiten berkode saham WSKT itu akan menggunakan sumber kas internal.

“Pembayarannya akan bersumber dari kas internal Waskita Karya dan termin proyek yang saat ini dikerjakan Waskita Karya,” ujarnya kepada Bisnis.com, Senin (18/9/2018).

Di sisi lain, KSEI mencatat perseroan akan menerbitkan dan menawarkan Obligasi Berkelanjutan III Waskita Karya Tahap III Tahun 2018 dengan jumlah pokok sebanyak-banyaknya senilai Rp2 triliun. Rincian surat utang tersebut yakni Seri A dengan jumlah pokok Rp502,00 miliar berkupon tetap 9% bertenor 3 tahun dan Seri B bertenor 5 tahun dengan jumlah pokok Rp854,75 miliar berkupon tetap 9,75% bertenor 5 tahun.

Menurut catatan KSEI, sisa dari jumlah pokok yang ditawarkan sebanyak-banyaknya RP643,25 miliar akan dijamin secara kesanggupan terbaik atau best effort. Sementara itu, masa penawaran umum akan dilakukan pada 25 September 2018 dengan tanggal pencatatan di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 1 Oktober 2018.

Dari sumber yang sama, Jasa Marga tercatat memiliki Obligasi Berkelanjutan I Jasa Marga Tahap I Tahun 2013 Seri S Seri C yang akan jatuh tempo pada 27 September 2018. Nominal yang akan jatuh tempo senilai Rp1 triliun.

Surat utang tersebut memiliki kupon tetap 8,9% dengan jangka pembayaran tiap 3 bulan. Pencatatan dilakukan pada 30 September 2013.

Donny Arsal, Direktur Keuangan Jasa Marga, mengatakan perseroan akan menggunakan fasilitas pinjaman jangka pendek untuk melunasi obligasi tersebut. Pasalnya, emiten berkode saham JSMR itu memiliki fasiltas jangka pendek yang cukup besar.

“Kami ada fasilitas perbankan Rp11 triliun sekarang. Jadi, kalau cuma Rp 1 triliun jatuh tempo mestinya terlebih dahulu dari sumber perbankan,” jelasnya.

Kendati demikian, Donny menyebut nantinya akan mengganti fasilitas tersebut dengan pinjaman yang bersifat jangka panjang. Namun, pihaknya akan menunggu kondisi pasar untuk mengeluarkan instrumen pendanaan dengan tenor yang lebih panjang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Ana Noviani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper