Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RUPIAH ATAS DOLAR AS 7 DESEMBER: Dolar AS dan Harga Minyak Jadi Sentimen Kurs

Samuel Sekuritas Indonesia memprediksi rupiah bisa melemah pada perdagangan Rabu (7/12/2016) merespons penguatan indeks dolar AS dan pelemahan harga minyak.
Rupiah/JIBI-Rachman
Rupiah/JIBI-Rachman

Bisnis.com, JAKARTA— Samuel Sekuritas Indonesia memprediksi rupiah bisa melemah pada perdagangan Rabu (7/12/2016) merespons penguatan indeks dolar AS dan pelemahan harga minyak.

Ekonom Samuel Sekuritas Indonesia Rangga Cipta mengatakan dolar AS semakin lemah di perdagangan Asia kemarin walaupun tadi malam mulai kembali kuat seiring dengan melemahnya harga minyak mentah.

Dia menilai, pelemahan euro menjelang pertemuan ECB Kamis mendatang yang diharapkan mengumumkan kebijakan yang lebih ekspansif, juga membantu penguatan dolar AS. Pagi ini ditunggu cadanga devisa Tiongkok yang diperkirakan turun mengingat pelemahan tajam yuan sepanjang bulan lalu.

Sementara itu, rupiah kembali menguat tajam pada perdagangan Selasa, kali ini bersamaan dengan penguatan kurs di Asia terhadap dolar AS. Penguatan harga minyak dan sentimen dollar lemah masih menjadi pemicu utama selain sentimen positif dari domestik.

“Hari ini rupiah bisa melemah merespon penguatan dollar index dan pelemahan harga minyak malam tadi walaupun aliran dana asing yang masih cukup besar, terutama ke pasar obligasi, bisa menjaga sentimen penguatan rupiah hingga akhir tahun,” katanya dalam riset.

Adapun, faktor global akan lebih mendominasi pergerakan rupiah hingga minggu depan, di mana FOMC meeting yang diperkirakan menaikan Fed rate dijadwalkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Riendy Astria
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper