Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

NILAI TUKAR RUPIAH: Suku Bunga Acuan Dipangkas, Spot Ditutup Menguat

Rupiah ditutup menguat 63 poin atau 0,48% di level Rp13.074 per dolar AS setelah diperdagangkan pada kisaran Rp13.048 Rp13.108 per dolar AS.

Bisnis.com, JAKARTA — Nilai tukar rupiah ditutup menguat tipis pada perdagangan hari ini, Kamis (22/9/2016).

Rupiah di pasar spot ditutup menguat 63 poin atau 0,48% di level Rp13.074 per dolar AS setelah diperdagangkan pada kisaran  Rp13.048 – Rp13.108 per dolar AS.

Rupiah sebelumnya juga dibuka menguat 32 poin atau 0,24% di Rp13.105 per dolar AS dan terus bergerak pada zona merah sepanjang hari ini.

Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia memutuskan untuk memangkas BI 7-day Reverse Repo Rate sebesar 25 basis poin menjadi 5%.

Selain itu, bank sentral juga menurunkan deposit facility sebesar 25 basis poin menjadi 4,25% dan lending facility turun 25 basis poin menjadi 5,75% berlaku efektif 23 September 2016.

Gubernur BI Agus D.W Martowardojo mengakatan pelonggaran kebijakan moneter melalui 7-day Reverse Repo Rate ini sejalan dengan berlanjutnya stabilitas makroekonomi tercermin dari inflasi yang rendah, defisit transaksi berjalan yang terkendali, dan nilai tukar rupiah relatif stabil.

“Pelonggaran diharapkan memperkuat untuk mendorong permintaan domestik. BI meyakini, pelonggaran akan memperkuat kebijakan yang ditempuh pemerintah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi,” ucapnya, dalam konferensi pers, di Gedung BI, Jakarta, Kamis (22/9/2016).

Hal tersebut sejalan dengan komentar seluruh ekonom yang disurvei Bisnis pada Rabu (21/9) yang menilai bulan ini saat yang tepat bagi bank sentral untuk memangkas suku bunga acuannya sebesar 25 basis poin. Relaksasi itu diyakini dapat mendorong perekonomian di tengah keterbatasan fiskal.

Samuel Sekuritas Indonesia menilai kelanjutan penguatan rupiah terjadi seiring Bank Indonesia yang melakukan pelonggaran moneter.

Ekonom Samuel Sekuritas Indonesia Rangga Cipta euforia pencapaian uang tebusan tax amnesty yang bertahan akan bertemu dengan harapan pemangkasan BI RR rate akan menguasai arah pergerakan aset berdenominasi rupiah pada hari ini.  

Penguatan  nilai tukar rupiah terjadi saat hampir seluruh mata uang lainnya di kawasan Asia Tenggara bergerak menguat.

Hanya dolar Singapura yang melemah 0,09%, sedangkan baht Thailand menguat 0,04%, peso Filipina menguat 0,11%, dan ringgit Malaysia menguat 0,77%.

Sementara itu, indeks dolar AS terpantau melemah 0,48% atau 0,457 poin ke level 95,203 pada pukul 15.57 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper