Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IPO LORENA: Diklaim Oversubscribed 4,8 Kali

Penyedia jasa bus PT Eka Sari Lorena Transport Tbk. mendapatkan kelebihan permintaan 480% pada penawaran umum saham perdana, sehingga perseroan melepas seluruh saham ditawarkan sebesar 42,86% di harga Rp900 per saham.
Armada Bus Lorena/JIBI
Armada Bus Lorena/JIBI

Bisnis.com, JAKARTA --Penyedia jasa bus PT Eka Sari Lorena Transport Tbk. mendapatkan kelebihan permintaan 480% pada penawaran umum saham perdana, sehingga perseroan melepas seluruh saham ditawarkan sebesar 42,86% di harga Rp900 per saham.

Andy Porman, Sekretaris Perusahaan Eka Sari Lorena, mengatakan total dana yang diperoleh dari initial public offering (IPO) tersebut mencapai Rp135 miliar dari pelepasan sebanyak 150 juta lembar saham.

“Jadinya dana tersebut akan digunakan 81% untuk penambahan armada. Mungkin akan kami kaji ulang proporsinya untuk setiap kebutuhan,” ujarnya, Senin (14/4/2014).

Perseroan akan menggunakan 81% dari dana IPO untuk menambah armada bus, sekitar 16% untuk pengembangan fasilitas depo dan workshop transjakarta di Ceger, Jakarta Timur, dan 3% sisanya akan digunakan untuk keperluan modal kerja.

Adapun, sekitar 82% dari total dana yang dialokasikan untuk pengembangan armada baru akan digunakan sebagai modal belanja pembelian berbagai jenis armada bus baru dengan merek Mercedes-Benz yang disesuaikan dengan karakteristik infrastruktur pada trayek tertentu.

Dengan penambahan armada sebanyak 100 unit, perseroan akan menggunakan 85 unit untuk trayek antarkota antarpropinsi dan 15 unit akan dialokasikan untuk trayek Bus Kota Terintegrasi Busway (BKTB) rute Jakarta-Bogor-Jakarta.

Selain itu, sekitar 7% dari dari total dana yang dialokasikan untuk pengembangan armada baru akan digunakan untuk merekondisi dan memodifikasi 30 bus lama yang nantinya akan dialokasikan untuk melayani trayek APTB Jakarta-Bogor-Jakarta yang telah berhenti beroperasi sejak akhir 2012.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Maftuh Ihsan
Editor : Ismail Fahmi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper