Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Antam (ANTM) Akan Gelar RUPSLB Rombak Susunan Pengurus

PT Aneka Tambang Tbk. (ANTM) bakal menggelar RUPSLB pada pertengahan November 2024 dengan agenda untuk mengubah struktur pengurus perseroan.
Karyawan menata emas di Butik Antam, Jakarta, Senin (30/9/2024). Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Karyawan menata emas di Butik Antam, Jakarta, Senin (30/9/2024). Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA — PT Aneka Tambang Tbk. (ANTM) atau Antam bakal menggelar RUPSLB pada pertengahan November 2024 dengan agenda untuk mengubah struktur pengurus perseroan.

Dalam pengumumannya, Sekretaris Perusahaan Antam Syarif Faisal Alkadrie menyampaikan perseroan akan menyelenggarakan rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) pada Rabu, 13 November 2024. 

“Mata acara perubahan susunan pengurus perseroan,” tulisnya dalam pengumuam tersebut, Selasa (22/10/2024). 

Emiten anak usaha Holding BUMN Tambang MIND ID itu menjelaskan bahwa mata acara RUPSLB tersebut diusulkan sehubungan dengan usulan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) selaku pemegang saham Seri A Dwiwarna perseroan dengan merujuk pada Surat Menteri BUMN No. SR/-462/MBU/09/2024. 

Seperti diketahui, saat ini ANTM dipimpin oleh Nicolas D. Kanter sebagai Direktur Utama. Nicolas diangkat sebagai Direktur Utama Antam sejak 23 Desember 2021 berdasarkan Keputusan RUPSLB perseroan.

Pria yang memperoleh gelar Sarjana Hukum dari Universitas Indonesia dan Master Administrasi Bisnis (Bisnis Internasional) dari University of Southern California, Amerika Serikat, itu pernah menjabat berbagai posisi kunci antara lain sebagai Head of Country BP Indonesia (2007–2009), Komisaris Independen PT Vale Indonesia Tbk. (2009-2011) dan Presiden Direktur PT Vale Indonesia Tbk. (2011-2021).

Di jajaran dewan direksi, Nicolas didampingi oleh Direktur Pengembangan Usaha I Dewa Wirantaya, Direktur Operasi dan Produksi Hartono, Direktur Keuangan dan Risiko Arianto Sabtonugroho Rudjito, serta Direktur Sumber Daya Manusia Achmad Ardianto.

Antam (ANTM) Akan Gelar RUPSLB Rombak Susunan Pengurus
 

Sementara itu, F.X. Sutijastoto saat ini duduk di kursi Komisaris Utama merangkap Komisaris Independen Antam. Sutijastoto menjabat di posisi tersebut sejak 23 Desember 2021 berdasarkan keputusan RUPSLB.

Sutijastoto tercatat pernah menjabat berbagai posisi kunci pada Kementerian ESDM, antara lain sebagai Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Energi dan Sumber Daya Mineral (2013-2019) dan Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (2019-2020).

 itu, Sutijastoto juga pernah menjabat berbagai posisi kunci antara lain sebagai Komisaris Pertamina Geothermal Indonesia (2019), Komisaris Utama PT Indonesia Power (2019-2020) dan Komisaris PT Indonesia Power (2020-2021).

Dewan Komisaris Antam saat ini juga diisi oleh Gumilar Rusliwa Somantri dan Anang Sri Kusuwardono sebagai Komisaris Independen. Keduanya menjabat posisi tersebut sejak 2 Mei 2017 dan diangkat kembali sejak 24 Mei 2022.

Selain itu, Komisaris Antam dijabat oleh Bambang Sunarwibowo sejak 11 Juni 2020 dan Dilo Seno Widagdo sejak 23 Desember 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ana Noviani
Editor : Ana Noviani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper