Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Usai IPO, Master Print (PTMR) Beli Saham GPK Total Rp25,09 Miliar

PT Master Print Tbk. (PTMR) akan membeli saham PT Global Putra Kusuma (GPK) senilai Rp25,09 miliar.
PT Master Print Tbk. (PTMR) telah resmi melantai di Bursa Efek Indonesia pada hari ini, Selasa (8/10/2024)./Bisnis-Erta Darwati
PT Master Print Tbk. (PTMR) telah resmi melantai di Bursa Efek Indonesia pada hari ini, Selasa (8/10/2024)./Bisnis-Erta Darwati

Bisnis.com, JAKARTA - PT Master Print Tbk. (PTMR) akan membeli 99% kepemilikan saham PT Global Putra Kusuma (GPK) setelah melakukan Initial Public Offering (IPO), Selasa (8/10/2024).

Setelah IPO, PTMR meraup dana segar sebesar Rp55,68 miliar, di antaranya 46% atau Rp25,09 miliar digunakan untuk pembelian saham PT Global Putra Kusuma (GPK) tersebut.

Direktur PTMR Cindy Kusuma mengatakan bahwa akuisisi GPK tersebut dilakukan lantaran sektor yang mirip, sehingga bisa bersinergi untuk bertumbuh ke depannya.

"Dalam satu bulan ini akan ada pergerakannya," katanya, saat ditanyai awak media mengenai waktu pembelian saham, Selasa (8/10/2024).

Cindy mengatakan dengan membeli saham GPK, akan ada penambahan produk yang membantu packaging untuk UMKM.

Kemudian dia menjelaskan bahwa 54% dari dana IPO tersebut akan digunakan untuk modal kerja, pembelian barang seperti mesin-mesin dan suku cadang.

Lebih lanjut, PTMR memproyeksikan pertumbuhan 20% hingga akhir 2024. Cindy mengatakan bahwa hingga Agustus 2024, pertumbuhan sudah mencapai 14%. Dia menjelaskan bahwa target pertumbuhan PTMR untuk 2025 yaitu 25-30%.

"Kami percaya dengan penambahan produk yang baru dari partner kami yang baru, juga dari GPK, penambahan pasarnya sangat besar, kita lihat UMKM kosmetik, sekarang kan banyak sekali," ucapnya.

Selanjutnya, dia menjelaskan bahwa PTMR memiliki 13 prinsipal yang di antaranya berasal dari Italia, Jerman, Korea, Vietnam, dan Amerika Serikat (AS).

PTMR menyatakan bahwa kontribusi penjualan terbesar berasal dari segmen food and beverage atau FMCG sebesar 68%.

Selanjutnya, diikuti oleh farmasi sebesar 13% dan personal hygiene 13%, sedangkan sisanya dari segmen lain.

Untuk diketahui, PT Master Print Tbk. (PTMR) baru saja melantai di bursa dengan menawarkan saham dengan harga Rp128 dengan meraup dana sebesar Rp55,68 miliar.

PTMR melepas 435 juta lembar saham yang mewakili 22,81% dari modal yang ditempatkan dan disetor penuh setelah penawaran umum perdana.

Disclaimer: berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Erta Darwati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper