Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Saham dan Pergerakan IHSG Hari Ini, Senin 30 September 2024

IHSG diperkirakan rawan melanjutkan koreksi pada perdagangan hari ini, Senin (30/9/2024), setelah ditutup melemah pada akhir pekan lalu.
Pekerja beraktivitas di dekat papan elektronik yang menampilkan perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (25/9/2024)./JIBI/Bisnis/Abdurachman
Pekerja beraktivitas di dekat papan elektronik yang menampilkan perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (25/9/2024)./JIBI/Bisnis/Abdurachman
Live Timeline

Bisnis.com, JAKARTA—Indeks harga saham gabungan (IHSG) diperkirakan rawan melanjutkan koreksi pada perdagangan hari ini, Senin (30/9/2024), setelah ditutup melemah pada akhir pekan lalu. 

Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia, IHSG ditutup melemah 0,61% atau turun 47,59 poin ke level 7.696,91. Sepanjang perdagangan IHSG bergerak pada rentang 7.663,47 hingga 7.745,24.

Tim Analis MNC Sekuritas menyampaikan penurunan IHSG itu disertai dengan munculnya volume penjualan. 

Secara teknikal, pergerakan IHSG dinilai masih tertahan di bawah MA20. Saat ini, posisi IHSG sedang berada pada bagian dari wave [ii] dari wave 3 atau bagian dari wave 4 dari wave (3) ada label merah. 

“Hal tersebut berarti, IHSG masih rawan melanjutkan koreksinya untuk menguji 7.454-7.562,” tulisnya dalam riset, Senin (30/9/2024). 

Pada perdangan hari ini, IHSG diperkirakan bergerak pada rentang support 7.546–7.654 dan resistance 7.810—7.910. 

Terpisah, CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya menyampaikan IHSG berpotensi menguat dan bergerak pada rentang harian 7.636—7.717 pada Senin (30/9/2024). 

Menurutnya, pergerakan IHSG dibayangi dinamika market global dan regional yang cenderung beragam, dibarengi nilai tukar rupiah yang cenderung stabil, serta jelang rilis data perekonomian awal bulan. 

“IHSG terlihat masih berada dalam kondisi uptrend jangka panjang,  peluang koreksi wajar dapat dimanfaatkan oleh investor untuk melakukan akumulasi beli,” tulisnya dalam riset. 

Investor disarankan mencermati saham TLKM, JSMR, UNVR, BBRI, BBCA, BBNI, TBIG, ASRI, dan PWON pada perdagangan awal pekan ini. 

Adapun, saham-saham yang direkomendasikan MNC Sekuritas untuk dicermati investor pada hari ini ialah AVIA, DOID, INCO, dan INKP. 

Disclaimer: berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

08:06 WIB
RHB Sekuritas Jagokan 3 Saham

Analis RHB Sekuritas Indonesia Muhammad Wafi memperkirakan IHSG akan bergerak pada rentang harian 7.650–7.850.

"Meski berpeluang untuk melakukan rebound, selama IHSG di bawah garis MA20 maka berpeluang untuk kembali melakukan koreksi dan menguji support garis MA50," jelasnya.

Namun, jika IHSG mampu breakout garis MA20 maka berpeluang untuk kembali rebound dan menguji resistance garis MA5.

Pada perdangan hari ini, Senin (30/9/2024), RHB Sekuritas menyarankan investor untuk beli saham SILO, ABMM, dan SCMA, serta buy on breakout untuk saham SSIA.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ana Noviani
Editor : Ana Noviani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper