Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mencermati Saham BUMN Pilihan Jelang Pelantikan Prabowo-Gibran

Komitmen Prabowo-Gibran untuk melanjutkan program Presiden Jokowi akan menjadi sentimen yang mempengaruhi gerak saham BUMN jelang transisi pemerintahan.
Komitmen Prabowo-Gibran untuk melanjutkan program Presiden Jokowi akan menjadi sentimen yang mempengaruhi gerak saham BUMN jelang transisi pemerintahan. JIBI/Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Komitmen Prabowo-Gibran untuk melanjutkan program Presiden Jokowi akan menjadi sentimen yang mempengaruhi gerak saham BUMN jelang transisi pemerintahan. JIBI/Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA – Komitmen Prabowo Subianto untuk melanjutkan program Presiden Joko Widodo akan menjadi sentimen pendukung bagi performa indeks BUMN jelang transisi pemerintahan baru yang berlangsung pada 20 Oktober 2024.

Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia (BEI), indeks saham BUMN pilihan alias IDXBUMN20 melemah 0,53% ke 418,12 pada perdagangan, Jumat (20/9/2024). Namun, posisi ini mencerminkan kenaikan sebesar 0,43% secara year to date (YtD).

Jika dibandingkan data perdagangan awal bulan, 2 September 2024, indeks beranggotakan 20 saham BUMN ini bahkan masih terkoreksi 1,72% sepanjang tahun berjalan.

Senior Market Chartist Mirae Asset Sekuritas Nafan Aji Gusta menuturkan ada sejumlah faktor yang mempengaruhi kinerja IDXBUMN20. Faktor utama adalah pemangkasan suku bunga acuan, baik yang dilakukan The Fed maupun Bank Indonesia (BI).

“Kebijakan moneter memberikan dampak positif terhadap performa indeks BUMN, yang kembali ke jalur hijau karena sentimen yang kuat,” ujarnya kepada Bisnis.

Sementara itu, dia memandang sentimen lain datang dari laporan keuangan yang secara rata-rata memperlihatkan hasil impresif. Perusahaan pelat merah juga dinilai mampu mencatatkan keberlanjutan dalam menjaga kinerja fundamental.

Sentimen lanjutan dari IDXBUMN20 adalah komitmen presiden terpilih Prabowo Subianto yang berencana melanjutkan program pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

“Ini menjadi faktor utama yang mendorong kinerja BUMN sektor karya untuk kembali mengalami penguatan, setelah sebelumnya dibayangi oleh sentimen arus kas negatif,” ucapnya.

Menurut Nafan, selain adanya kepastian dalam pembangunan IKN Nusantara, apresiasi indeks BUMN juga berasal dari kenaikan harga komoditas yang dipicu oleh meningkatnya permintaan global, meskipun masih ada dampak dari gangguan rantai pasok.

Di tengah sentimen ini, Mirae Asset Sekuritas menyematkan rekomendasi beli untuk saham PT Aneka Tambang Tbk. (ANTM), PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI), PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI), PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI), PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. (SMGR), dan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM).

ANTM memiliki target harga Rp1.525 per saham, target BBNI di level Rp6.125, BBRI mencapai Rp6.000, BMRI sebesar Rp7.800, SMGR di level Rp4.450, dan TLKM Rp3.420 per saham.

Dalam perkembangan lain, pelantikan Prabowo Subianto sebagai presiden Indonesia ke-8 akan dilaksanakan pada hari Minggu, 20 Oktober 2024 di Kompleks Parlemen, Jakarta. Pelantikan ini akan menandai dimulainya lima tahun pemerintahan Prabowo – Gibran.

Prabowo – Gibran memenangkan Pemilihan Umum (Pemilu) Presiden dan Wakil Presiden 2024 dengan meraih 58,59% suara melawan dua pasangan lainnya, yakni Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo – Mahfud MD.

_______

Disclaimer: berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper