Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Majalah TIME Rilis 1.000 Perusahaan Terbaik di Dunia, Astra hingga Bank Mandiri Masuk Daftar

Majalah TIME dan Statista memasukkan daftar 1.000 perusahaan terbaik di dunia dan memberikan peringkat mengacu skor tertinggi.
Aerial foto gedung Menara Astra yang ada di Jalan Sudirman, Jakarta Pusat. Bisnis/Nurul Hidayat
Aerial foto gedung Menara Astra yang ada di Jalan Sudirman, Jakarta Pusat. Bisnis/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA — Majalah TIME dan Statista menetapkan 1.000 perusahaan terbaik di dunia. Terdapat sejumlah perusahaan Indonesia yang masuk daftar, di antaranya PT Astra International Tbk. (ASII) dan PT Bank Mandiri Tbk. (BMRI).

Majalah TIME dan Statista memasukkan daftar 1.000 perusahaan terbaik di dunia dan memberikan peringkat mengacu skor tertinggi. Skor tersebut didasarkan pada penilaian atau rumus survei kepuasan karyawan, pertumbuhan pendapatan, dan data terkait environmental, social, and governance (ESG).

"Banyak perusahaan papan atas telah memberikan dampak sosial positif yang serupa sambil menghasilkan pendapatan dan membuat karyawan mereka senang pada saat yang sama. Itu belum tentu sesuatu yang diinginkan oleh investor mereka, tapi bahwa mereka tetap melakukannya adalah hal yang membedakan," tulis Jurnalis Majalah TIME Alana Semuels dikutip dari laporannya.

Sementara itu, Apple menempati urutan pertama perusahaan terbaik di dunia dengan skor 97,75. Apple memang memperoleh nilai tinggi dari tingkat kepuasan karyawannya. Namun, yang paling mendongkrak posisi Apple adalah peringkat ESG. 

Raksasa teknologi tersebut dinilai telah berkomitmen untuk mencapai karbon netral pada 2030 dan membuat lebih banyak produk daur ulang. Selain itu, pada awal 2024, Apple menjadi perusahaan teknologi pertama yang mencapai kesetaraan gender di dewan direksi, dengan formasi empat direksi pria dan empat direksi wanita.

Lalu, ada Accenture di posisi kedua dengan skor 97,70. Microsoft menempati peringkat ketiga dengan skor 97,65.

Majalah TIME menilai Microsoft sebagai perusahaan dengan peringkat kedua tertinggi dalam kepuasan karyawan, setelah induk Google, Alphabet. Microsoft dinilai telah berusaha memastikan karyawannya untuk berkembang.

Selain itu, Microsoft telah mencatatkan pertumbuhan pendapatan yang signifikan, naik 22% secara tahunan (year on year/yoy) menjadi US$88 miliar pada tahun fiskal terakhirnya. Kemudian, peringkat keempat dihuni BMW Group dengan skor 97,41 dan kelima Amazon dengan skor 96,47.

Terdapat pula deretan perusahaan Indonesia yang masuk ke dalam daftar perusahaan terbaik dunia versi majalah TIME. Perusahaan otomotif Indonesia, Astra misalnya mendapatkan peringkat ke-435 dengan skor 87,54.

Lalu, bank pelat merah, PT Bank Negara Indonesia Tbk. (BBNI) berada di peringkat 892 sebagai perusahaan terbaik di dunia dengan skor 79,51. 

Perusahaan milik konglomerat Garibaldi "Boy" Thohir PT Adaro Energy Tbk. (ADRO) juga masuk ke dalam daftar perusahaan terbaik di dunia, di peringkat 908 dengan skor 79.19.

Bank pelat merah lainnya, yakni Bank Mandiri juga masuk daftar, di peringkat 914 dengan raihan skor 78,94.

Ada pula emiten perunggasan PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk. (CPIN) yang menempati peringkat 961 dengan capaian skor 75,58.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper