Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mitra Keluarga (MIKA) Serap Capex Rp379 Miliar Semester I/2024, Fokus 3 Proyek RS

PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk. (MIKA) telah menyerap capex Rp379 miliar sepanjang semester I/2024, dari target Rp1 triliun di tahun ini.
Ilustasi rumah sakit. PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk. (MIKA) telah menyerap capex Rp379 miliar sepanjang semester I/2024, dari target Rp1 triliun di tahun ini.
Ilustasi rumah sakit. PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk. (MIKA) telah menyerap capex Rp379 miliar sepanjang semester I/2024, dari target Rp1 triliun di tahun ini.

Bisnis.com, JAKARTA — PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk. (MIKA) melaporkan capital expenditure (capex) atau belanja modal yang sudah terserap Rp379 miliar di semester I/2024, dari target Rp1 triliun di tahun ini.

Investor Relation Manager Mitra Keluarga Karyasehat Aditya Widjaja mengatakan capex pada tahun ini digunakan untuk fokus membangun tiga proyek rumah sakit.

"Memang fokus untuk Capex ini sangat relate dengan pembangunan rumah sakit, di mana saat ini kami juga memiliki tiga proyek, yang sedang di ground breaking," katanya, saat Public Expose, pada Jumat (30/8/2024).

Dia menjelaskan bahwa Mitra Keluarga memiliki delapan land bank, di mana lokasi pertama dan lokasi kedua sudah dilakukan ground breaking.

"Pada tahun ini lokasi pertama kita lakukan di bulan Januari dan lokasi kedua itu di kisaran bulan Juni kemarin," ucapnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa untuk target kedua lokasi ini akan mulai dibuka di 2025 di kisaran kuartal kedua sekitar April atau Mei tahun depan. Kemudian untuk lokasi ketiga, saat ini masih dalam proses perizinan.

Adapun dia menyatakan bahwa jika semuanya berjalan lancar, mungkin di kuartal ketiga tahun depan, pihaknya bisa dapat segera memulai ground breaking untuk rumah sakit di lokasi yang ketiga.

"Harapannya mungkin butuh sekitar 13 sampai 15 bulan untuk konstruksi sehingga mungkin baru bisa selesai di akhir tahun 2025 atau awal tahun 2026," ujarnya.

Dia menjelaskan untuk perkembangan di lokasi pertama yang berlokasi di Jawa Timur, saat ini sudah mencapai 30% per Juli.

Selain rumah sakit, Mitra Keluarga juga meningkatkan jumlah tempat tidur dari rumah sakit yang ada saat ini.

Aditya mengungkap saat ini total kapasitas yang masih bisa ditambahkan dari rumah sakit yang ada kurang lebih hampir 900 tempat tidur.

"Untuk tahun ini kami mentargetkan akan ada penambahan sekitar 250 sampai 300 tempat tidur dari rumah sakit yang existing," ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga melakukan penambahan alat-alat medis yang lebih update di tahun ini untuk peremajaan alat medis setiap tahunnya.

Untuk diketahui, Mitra Keluarga saat ini mengoperasikan kurang lebih sebanyak 30 rumah sakit, sejak berdirinya 35 tahun lalu pada 1989.

Adapun saat ini total tempat tidur yang dioperasikan sebanyak 3.974, dengan total 2.000 dokter termasuk di dalamnya ada 1.690 spesialis dan juga didukung oleh 4.200 tenaga medis, baik dari perawat maupun dari staff medis.

Kemudian, fokus geografi strategi Mitra keluarga saat ini masih di Pulau Jawa dan tepatnya memiliki kehadiran yang cukup kuat di Jabodetabek dan di Surabaya.

"Kami juga memiliki beberapa area khusus yaitu seperti Tegal dan juga Cirebon di mana kami juga memiliki beberapa jaringan rumah sakit di sana," tambahnya. 

_________

Disclaimer: berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Erta Darwati
Editor : Ibad Durrohman
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper