Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Komitmen Lanjutkan Hilirisasi, MIND ID Pacu Proyek Smelter

MIND ID pacu pengoperasian proyek-proyek smelter demi mempercepat program hilirisasi yang telah diamanatkan Pemerintah.
MIND ID pacu pengoperasian proyek-proyek smelter demi mempercepat program hilirisasi yang telah diamanatkan Pemerintah.Bisnis/Fanny Kusumawardhani
MIND ID pacu pengoperasian proyek-proyek smelter demi mempercepat program hilirisasi yang telah diamanatkan Pemerintah.Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA — BUMN Holding Pertambangan Indonesia (MIND ID) buka suara soal ketahanan mineral pertambangan demi mendukung ekosistem industrialisasi Indonesia.

Sebelumnya, hal ini memang disinggung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menyampaikan Komitmen Pemerintah dalam hal melanjutkan program hilirisasi industri dalam rangka meningkatkan produktivitas dan nilai tambah.

“Alhamdulillah, sampai saat ini telah terbangun smelter dan industri pengolahan untuk nikel, bauksit, dan tembaga yang membuka lebih dari 200 ribu lapangan kerja dan meningkatkan pendapatan negara lebih dari Rp158 triliun selama 8 tahun ini,” ucapnya dalam Pidato Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR dan DPD RI Tahun 2024, di Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Jumat (16/08/2024) pagi.

Saat itu, Presiden Jokowi menegaskan bahwa pemerintah tidak mundur meski banyak negara-negara yang berusaha untuk menghalangi upaya Indonesia dalam mewujudkan program industrialisasi di dalam negeri.

Melalui program hilirisasi industri tersebut, Presiden berharap semua kekayaan alam yang dimiliki Indonesia dapat dimanfaatkan untuk kepentingan rakyat dan dimanfaatkan secara optimal bagi kesejahteraan masyarakat.

“Walau banyak negara lain yang menggugat, menentang, bahkan berusaha menggagalkan, tapi kita sebagai bangsa yang berdaulat, sebagai bangsa yang besar, kita tidak goyah, bahkan terus maju melangkah,” tegas Jokowi.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Utama MIND ID Hendi Prio Santoso menyampaikan bahwa Indonesia memiliki keunggulan kompetitif seiring cadangan sumber daya mineral pertambangan yang besar.

Cadangan mineral pertambangan Indonesia harus menjadi fondasi utama dalam penguatan ekosistem industri pertambangan di Indonesia, baik untuk kebutuhan transisi energi, kendaraan listrik, maupun pembangunan Nusantara Baru.

Oleh karena itu, Grup MIND ID terus mengedepankan pengelolaan yang profesional, bertanggung jawab dan berkelanjutan agar dapat memberikan dampak dan manfaat bagi RI.

"MIND ID bersama anggota holding terus bekerja optimal memastikan ketahanan mineral pertambangan di Tanah Air," katanya.

Hendi menjelaskan bahwa MIND ID terus mengedepankan transformasi, inovasi, serta implementasi tata kelola perusahaan yang baik dengan prinsip pertambangan berkelanjutan.

Grup MIND ID juga terus mempercepat program hilirisasi yang diamanatkan oleh negara melalui penyelesaian sejumlah proyek strategis, di mana salah satunya adalah Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR) di Mempawah dengan kapasitas produksi hingga 1 juta ton alumina per tahun.

Grup MIND ID juga memiliki smelter dengan desain single line terbesar di dunia milik PT Freeport Indonesia (PTFI) yang akan mampu memurnikan konsentrat tembaga dengan kapasitas produksi 1,7 juta ton.

"Grup MIND ID juga memiliki berbagai proyek strategis lainnya yang akan semakin mendorong munculnya produk turunan yang bernilai tambah optimal bagi Indonesia Maju," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arlina Laras
Editor : Ibad Durrohman
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper