Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MIND ID Komitmen Jalankan Teknologi Ramah Iklim Operasional Tambang

MIND ID berkomitmen  terus menerapkan program kerja terkait pengelolaan air dan renewable energy guna menjaga lingkungan dan perubahan iklim.
MIND ID berkomitmen  terus menerapkan program kerja terkait pengelolaan air dan renewable energy guna menjaga lingkungan dan perubahan iklim./Bisnis-Paulus Tandi Bone
MIND ID berkomitmen  terus menerapkan program kerja terkait pengelolaan air dan renewable energy guna menjaga lingkungan dan perubahan iklim./Bisnis-Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, JAKARTA — BUMN Holding Industri Pertambangan Indonesia (MIND ID) berkomitmen  terus menerapkan program kerja terkait pengelolaan air dan renewable energy guna menjaga lingkungan dan perubahan iklim.

Kepala Departemen Kinerja dan Pelaporan ESG MIND ID Arief R. Wiwaha menjelaskan, seluruh anggota Grup MIND ID menjalakan eksplorasi berkelanjutan dengan penerapan praktik-praktik terbaik di sektor pertambangan, serta berkontribusi terhadap pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB).

"MIND ID berkomitmen pada integritas lingkungan, dan tata kelola yang kuat, sehingga dapat terus mendukung Indonesia menuju masa depan yang berkelanjutan, dan membuktikan bahwa pertumbuhan industri dan pelestarian lingkungan dapat berjalan beriringan demi kesejahteraan generasi saat ini dan yang akan datang," kata Arief di Exclusive Session Talkshow Festival Lingkungan, Iklim, Kehutanan, dan Energi Baru Terbarukan (LIKE), Sabtu (10/8/2024).

Arief menuturkan, sejumlah inisiatif pengelolaan air dilakukan Grup MIND ID antara lain oleh PT Aneka Tambang Tbk. (ANTM) atau Antam lewat instalasi advance water treatment plant sebagai upaya peningkatan kualitas air limbah olahan menjadi air bersih. Antam juga memaksimalkan penggunaan air resirkulasi untuk proses produksi dan penggunaan lain.

PT Bukit Asam Tbk (PTBA) juga menerapkan metode pengolahan air asam tambang secara pasif (lahan basah buatan) di Tanjung Enim.

PTBA juga mendaur ulang air asam tambang dengan Water Gate System menjadi air bersih untuk sejumlah kegiatan seperti kebutuhan perkantoran, pembersihan Coal Handling Facility (CHF) dan penyiraman jalan tambang.

Selanjutnya, PT Freeport Indonesia (PTFI) yang membangun pabrik desalinasi baru sebagai sumber air untuk pabrik peleburan Manyar.

Sementara itu, PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum) yang mendorong optimalisasi PLTA Sigura-gura untuk meningkatkan efisiensi penggunaan air. Melalui implementasi teknologi yang lebih efisien, PLTA Sigura-gura berhasil meminimalkan kehilangan air yang tidak diperlukan dan meningkatkan penggunaan air secara optimal dalam proses pembangkitan listrik.

Terakhir, PT Vale Indonesia Tbk. (INCO) menerapkan aplikasi SWAP (Steam, Water, Air and Power) online monitoring system untuk memantau penggunaan air.

Arief menambahkan, Grup MIND ID pun mendorong pemanfaatan energi terbarukan sebagai komitmen mengatasi tantangan perubahan iklim yang terjadi.

“Tercatat, sepanjang tahun 2023, sebanyak 41% konsumsi energi internal Grup MIND ID telah bersumber dari energi terbarukan baik itu solar pv, biofuel maupun hydropower,” ujar Arief.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Lukman Nur Hakim
Editor : Ibad Durrohman
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper