Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jababeka (KIJA) Serap Capex Rp219 Miliar Paruh Pertama 2024

PT Kawasan Industri Jababeka Tbk (KIJA) menyerap alokasi belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar Rp219 miliar sepanjang semester I/2024.
Founder & Direktur Utama PT Jababeka Tbk. (KIJA) Setyono Djuandi Darmono (kanan) didampingi Wakil Direktur Utama Budianto Liman memberikan keterangan saat jumpa media di Jakarta, Rabu (17/7/2024)/Bisnis-Arief Hermawan P
Founder & Direktur Utama PT Jababeka Tbk. (KIJA) Setyono Djuandi Darmono (kanan) didampingi Wakil Direktur Utama Budianto Liman memberikan keterangan saat jumpa media di Jakarta, Rabu (17/7/2024)/Bisnis-Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA — PT Kawasan Industri Jababeka Tbk (KIJA) menyerap alokasi belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar Rp219 miliar untuk akuisisi lahan baru serta perawatan infrastruktur selama paruh pertama 2024.

Adapun, KIJA mengganggarkan belanja modal tahun ini sebesar Rp450 miliar. Perinciannya, Rp250 untuk akuisisi lahan dan Rp200 miliar untuk perawatan infrastruktur kawasan industri.

Corporate Secretary KIJA Muljadi Suganda mengatakan sekitar Rp105 miliar belanja modal dialihkan untuk akuisisi lahan baru di Cikarang dan Kendal. Sementara realisasi Rp114 miliar lainnya, kata Muljadi, dilakukan untuk perawatan fasilitas pendukung kawasan industri.

“Realisasi capex Rp105 miliar untuk akuisisi lahan di Cikarang sama Kendal,” kata Muljadi saat ditemui di Jakarta, Kamis (15/8/2024).

Muljadi berharap realisasi belanja modal itu bisa meningkatkan kinerja perseroan pada paruh tahun berikutnya sembari menangkap peluang pertumbuhan penjualan pemasaran atau  marketing sales real estate saat ini.

Seperti diketahui, JIKA mencatatkan penjualan pemasaran sebesar Rp1,7 triliun sepanjang paruh pertama 2024, ditopang utamanya oleh Kawasan Eonomi Khusus (KEK) Kendal.

Muljadi mengatakan  torehan itu mencapai 68% dari target marketing sales tahun ini yang dipatok sebesar Rp2,5 triliun.

“Ini naik 14% dibandingkan dengan Rp1,5 triliun pada semester I/2023,” kata Muljadi.

Muljadi menerangkan kontribusi terbesar dari raihan marketing sales paruh pertama tahun ini berasal dari land plots Kawasan Eonomi Khusus (KEK) Kendal, Jawa Tengah.

Nilai yang terekam dari kawasan ini mencapai Rp1,3 triliun dengan luasan lahan mencapai 846.620 meter persegi.

“Didorong permintaan dari China yang banyak melakukan ekspansi di kawasan industri Kendal, dari industri otomotif, pembuatan ban, makanan, industri kendaraan listrik dan juga plastik,” kata dia.

Sepanjang semester I/2024, KIJA mencetak pendapatan Rp2,37 triliun atau tumbuh 36% dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu (year-on-year/YoY). Pilar Land Development & Property milik KIJA tercatat meraup pendapatan sebesar Rp1,40 triliun atau tumbuh 41% YoY pada semester I/2024.

Kinerja itu ditopang oleh segmen tanah matang yang berkontribusi Rp1,14 triliun. Dari jumlah tersebut Kendal menyumbang 89%.Meski pendapatan bertumbuh, KIJA mencatatkan laba bersih Rp269,8 miliar pada semester I/2024.

Angka ini turun dibandingkan periode yang sama tahun lalu yakni Rp381,5 miliar. Wakil Direktur Utama KIJA Budianto Liman menjelaskan penurunan laba bersih merupakan dampak dari pergerakan valuta asing (valas) yang mencatatkan kerugian Rp258 miliar pada semester I/2024.

“Jika tidak termasuk keuntungan dan kerugian selisih kurs yang belum direalisasikan, maka laba bersih perusahaan akan menjadi Rp522,1 miliar pada semester pertama 2024, dibandingkan dengan Rp80,4 miliar pada periode yang sama di 2023,” tutur Budianto.

___________

Disclaimer: berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Ibad Durrohman
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper