Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengelola Starbucks MAP Boga (MAPB) Rugi Rp50 Miliar, Buntut Boikot Israel?

PT MAP Boga Adiperkasa Tbk. (MAPB) membukukan rugi bersih pada akhir Juni 2024 sejalan dengan merosotnya penjualan perusahaan.
Suasana gerai Starbuks yang dikelola PT MAP Boga Adiperkasa Tbk./starbucks.co.id
Suasana gerai Starbuks yang dikelola PT MAP Boga Adiperkasa Tbk./starbucks.co.id

Bisnis.com, JAKARTA— Emiten pengelola gerai ritel makanan dan minuman, PT MAP Boga Adiperkasa Tbk. (MAPB) membukukan rugi bersih pada akhir Juni 2024 sejalan dengan merosotnya penjualan perusahaan. 

Merujuk laporan keuangan perseroan, MAPB meraih penurunan penjualan sebesar 18,68% secara tahunan dari Rp1,99 triliun pada semester I/2023 menjadi Rp1,62 triliun pada semester I/2024. 

Penjualan MAPB itu bersumber dari produk minuman Rp897,97 miliar, makanan Rp623,19 miliar, dan lain-lain Rp104,54 miliar. Penjualan minuman MAPB merosot 24,69% year-on-year (YoY) dari realisasi Rp1,19 triliun pada 6 bulan pertama 2023. 

Sebagai informasi, gerai peritel minuman dan makanan di bawah bendera MAP Boga a.l. Starbucks, Pizza Marzano, Krispy Kreme, Cold Stone Creamery Ice Cream, Godiva, Genki Sushi, dan Subway. 

Saat penjualan menyusut, beban pokok penjualan MAPB juga turun 21,36% YoY dari Rp631,9 miliar menjadi Rp496,89 miliar sepanjang Januari—Juni 2024. 

Pada saat yang sama, MAPB mencatat beban penjualan Rp1,02 triliun, beban umum dan administrasi Rp149,43 miliar, beban keuangan Rp21,18 miliar, dan kerugian kurs mata uang asing neto Rp8,82 miliar. 

Alhasil, bottom line MAPB berbalik ke posisi negatif pada semester I/2024. MAPB membukukan rugi periode berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp50,11 miliar per 30 Juni 2024. Padahal, pada semester I/2023, MAPB masih mengantongi laba bersih Rp52,63 miliar. 

Berdasarkan catatan Bisnis, Direktur Utama MAP Boga Adiperkasa Anthony Valentine McEvoy mengatakan bahwa sentimen boikot Israel berdampak pada performa penjualan perusahaan, yang hingga akhir tahun lalu sejatinya masih membukukan kenaikan. 

Sepanjang 2023, MAPB mencatatkan penjualan bersih Rp3,99 triliun atau tumbuh 16,4% YoY. Namun, tekanan mulai dihadapi sejak Israel memulai invasi ke Palestina pada Oktober 2023. 

“Bersamaan dengan invasi Israel ke Gaza pada Oktober 2023, kami menghadapi kesulitan pada kuartal IV/2023 dan berlanjut hingga kuartal pertama tahun ini,” ujarnya dalam paparan publik yang digelar di Jakarta, Kamis (27/6/2024). 

Anthony menuturkan bahwa setiap harinya Starbucks terkena dampak dari aksi boikot, mulai dari vandalisme, tekanan sosial, hingga protes yang dilakukan di dalam toko. Tindakan yang dinilai mempengaruhi hidup para pegawai perseroan.

Padahal, lanjutnya, Starbucks secara global tidak memiliki jaringan gerai di Israel. Selain itu, mayoritas pegawai perseroan adalah Warga Negara Indonesia (WNI).

“Kami memiliki 6.000 orang pegawai di Starbucks Indonesia, yakni PT Sari Coffee Indonesia, dan hanya satu orang bule di perusahaan ini. Tidak ada yang lain [kecuali saya],” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ana Noviani
Editor : Ana Noviani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper