Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IHSG Diproyeksi Bisa Naik ke 7.350, Cek Saham-Saham Potensial

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi bergerak konsolidasi dan mampu menguat hingga 7.350 pada perdagangan hari ini, Selasa (30/7/2024).
Pengunjung beraktivitas di main hall Bursa Efek Indonesia di Jakarta, Senin (22/7/2024). Bisnis/Abdurachman
Pengunjung beraktivitas di main hall Bursa Efek Indonesia di Jakarta, Senin (22/7/2024). Bisnis/Abdurachman

Bisnis.com, JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi bergerak konsolidasi dan mampu menguat hingga 7.350 pada perdagangan hari ini, Selasa (30/7/2024). 

Tim Riset Phintraco Sekuritas menyebutkan IHSG yang ditutup di level 7.288 pada perdagangan sebelumnya mengindikasikan pelemahan. Secara teknikal, terdapat pelebaran negative slope pada indikator MACD yang mengindikasikan potensi pelemahan. Namun indikator Stochastic RSI sedang mengalami Golden Cross yang mengindikasikan potensi penguatan. 

“Sehingga IHSG akan berpotensi konsolidasi pada rentang level 7.250-7.350 pada perdagangan hari,” kata tim riset, Selasa (30/7/2024). 

Seperti yang diketahui, pada perdagangan kemarin IHSG ditutup naik 0,01% atau 0,72 poin ke level 7.288,89. Sepanjang sesi, IHSG bergerak di rentang 7.274 hingga 7.333. Tercatat sebanyak 258 saham menguat, 282 saham melemah, dan 252 saham bergerak di tempat. Kapitalisasi pasar terpantau sebesar Rp12.396 triliun.

Tim Riset mengatakan sentimen datang dari sisi global di mana pasar menantikan rilis data CB Consumer Confidence Juli di Amerika yang diperkirakan turun ke level pesimis di 99,5 dari level 100,4 di Juni 2024. Data tersebut diyakini dapat memperkuat peluang pemangkasan suku bunga The Fed di September 2024. 

Selain itu, pasar juga menantikan rilis data pertumbuhan GDP Flash kuartal II di Euro Area dan Jerman yang dijadwalkan rilis pada Selasa (30/7/2024). Pasar memperkirakan pertumbuhan GDP Flash di Euro Area dan Jerman menguat secara YoY namun melemah secara kuartalan.

Dari sisi regional, pasar menantikan rilis data Unemployment Rate bulan Juni di Jepang yang juga akan dirilis pada 30 Juli 2024 yang diperkirakan stabil di angka 2,6%. Sementara dari sisi domestik, pasar masih mengantisipasi rilis kinerja keuangan sejumlah emiten pada kuartal II/2024.

Sejalan dengan proyeksi IHSG dan sentimen tersebut, Phintraco Sekuritas merekomendasikan beberapa saham untuk diperhatikan pada perdagangan hari ini, di antaranya  AUTO, BFIN, SMRA, CTRA, dan PWON.

--------------

Disclaimer: berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Artha Adventy
Editor : Pandu Gumilar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper