Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penjualan Mobil Astra (ASII) Ngebut, Tertinggi Sepanjang Tahun

Astra (ASII) mencatat kenaikan penjualan mobil pada Mei 2024 mencapai level tertinggi sepanjang tahun.
Toyota Rangga Concept/Toyota Astra
Toyota Rangga Concept/Toyota Astra

Bisnis.com, JAKARTA — Emiten konglomerasi, PT Astra International Tbk. (ASII) mencatatkan penjualan mobil tembus 41.314 unit pada Mei 2024. Angka tersebut merupakan kenaikan penjualan ASII yang tertinggi sepanjang tahun berjalan. 

Ditinjau secara bulanan, penjualan mobil ASII mengalami kenaikan 53,53% secara month-to-month (mtm) dibandingkan penjualan April 2024 yang hanya sebanyak 26.908 unit. Alhasil, pangsa pasar (market share) ASII pada Mei 2024 pun naik menjadi 58%.

Head of Corporate Communications Astra Boy Kelana Soebroto mengatakan, perseroan optimistis penjualan mobil secara nasional akan meningkat, terutama dengan adanya pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS).

“GIIAS 2024 yang akan diselenggarakan pada Juli mendatang, diharapkan dapat menjadi faktor pendorong peningkatan penjualan otomotif nasional dengan menghadirkan ragam pilihan kendaraan yang sesuai bagi kebutuhan konsumen di Tanah Air,” ujar Boy dalam siaran pers, Rabu (12/6/2024).

Mengacu data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), total penjualan mobil Grup Astra pada Mei 2024 tembus 41.314 unit. Adapun, angka penjualan mobil ASII pada Mei 2024 mengalami penurunan 11,85% secara year-on-year (yoy) dibandingkan penjualan pada Mei 2023 sebesar 46.873 unit.  

Angka penjualan tersebut didapatkan dari penjualan berbagai merek mobil Astra seperti Toyota, Lexus, Daihatsu, Isuzu, hingga UD Trucks. Sementara itu, untuk segmen low cost green car (LCGC) ASII membukukan penjualan sebesar 11.451 unit pada bulan kelima 2024.

Ditilik secara terperinci, pada Mei 2024 penjualan merek Toyota dan Lexus berkontribusi 23.897 unit, disusul oleh Daihatsu sebanyak 14.983 unit. Selanjutnya penjualan Isuzu berkontribusi 2.265 unit, kemudian UD Trucks 169 unit, sedangkan Peugeot nihil.  

Tak hanya kendaraan konvensional atau internal combustion engine (ICE), ASII juga memiliki berbagai merek mobil listrik yang terdiri dari battery electric vehicle (BEV), hybrid electric vehicle (HEV), dan plug-in hybrid electric vehicle (PHEV).

Untuk model BEV, Astra memiliki Lexus UX, Toyota bZ4x dan Lexus RZ. Selanjutnya untuk segmen PHEV ASII memiliki Toyota Rav4 dan Lexus RX. Sedangkan segmen HEV Astra yaitu Innova Zenix, Yaris Cross, dan beberapa model hybrid lainnya.

Di lain sisi, penjualan mobil non-Astra seperti Mitsubishi, Honda, Suzuki, hingga Wuling mencatatkan angka 29.949 unit pada Mei 2024. Jumlah tersebut juga mencatatkan kenaikan secara bulanan yang mengindikasikan pemulihan di pasar otomotif nasional. 

Pemulihan pasar tercermin dari data terbaru Gaikindo yang menunjukkan penjualan mobil secara wholesales mencapai 71.263 unit pada Mei 2024, naik 46,5% dari 48.637 unit dibandingkan April 2024.

Sementara untuk penjualan ritel tercatat mencapai 72.137 unit pada Mei 2024, naik 22,7% dari 58.788 unit dibandingkan April 2024.

Perlu diketahui, sebanyak 31 merek kendaraan penumpang akan meramaikan pameran GIIAS 2024 yang diselenggarakan  di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang pada 18-28 Juli 2024. 

Beberapa merek kendaraan penumpang yang akan debut pada GIIAS 2024 adalah Baic, BYD, GAC Aion, Jaecoo, Jetour, dan VinFast. Selain itu, masih ada 20 merek kendaraan roda dua yang turut meramaikan pameran tahun ini. Kemudian terdapat empat merek kendaraan komersial yang hadir, yakni Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, dan UD Trucks.

------

Disclaimer: berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rizqi Rajendra
Editor : Pandu Gumilar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper