Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pembagian Dividen dari 21 Emiten Bersiap Memasuki Periode Cum Date

Sebanyak 21 emiten memasuki periode cum date dividen mulai besok, Senin. Beberapa di antaranya adalah ADRO, ABMM, SIDO, hingga ELSA.
Direksi PT Adaro Energy Indonesia Tbk. (ADRO) usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) 2024 di Jakarta, Rabu (15/5/2024). /Bisnis-Annisa Kurniasari Saumi.
Direksi PT Adaro Energy Indonesia Tbk. (ADRO) usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) 2024 di Jakarta, Rabu (15/5/2024). /Bisnis-Annisa Kurniasari Saumi.

Bisnis.com, JAKARTA – Agenda pembagian dividen dari puluhan perusahaan tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) akan memasuki periode cum date di pasar reguler dan negosiasi mulai Senin (27/5/2024). 

Menyitir laman Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), Minggu (26/5/2024), total terdapat 21 emiten yang menjadwalkan periode cum date dividen pada pekan terakhir Mei. 

Cum date merupakan tanggal terakhir bagi investor yang ingin membeli saham tertentu dan berhak mendapatkan dividen yang telah diumumkan. Untuk bisa meraih dividen, investor perlu membeli saham tersebut sebelum atau pada tanggal cum date.  

Pada awal pekan depan, emiten yang memasuki periode cum date dividen, antara lain,PT ABM Investama Tbk. (ABMM), PT Adaro Energy Indonesia Tbk. (ADRO), PT Elnusa Tbk. (ELSA), dan PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk. (SIDO). 

Adaro Energy Indonesia tercatat menjadi emiten dengan nilai dividen tunai paling jumbo lewat gelontoran dana sebesar Rp6,45 triliun atau setara dengan Rp201 per saham. 

“Apresiasi kami ke pemegang saham kami wujudkan dalam komitmen untuk memberikan pengembalian dalam bentuk dividen tunai yang dibagikan secara reguler,” ucap Presiden Direktur ADRO Garibaldi Thohir, beberapa waktu lalu. 

Sementara itu, emiten yang memasuki periode cum date dividen pada Selasa (28/5/2024), di antaranya PT Kalbe Farma Tbk. (KLBF), PT Midi Utama Indonesia Tbk. (MIDI), PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. (AMRT), hingga PT Saratoga Investama Sedaya Tbk. (SRTG). 

KLBF diketahui akan memberikan dividen final tahun buku 2023 sebesar Rp1,4 triliun atau Rp31 per saham. Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) menyepakati penggunaan 52% dari laba bersih sebagai dividen tunai. 

Pada saat bersamaan, dua emiten milik Djoko Santoso yakni MIDI dan AMRT masing-masing akan membagikan dividen tunai senilai Rp155,47 miliar serta Rp1,19 triliun. 

Corporate Secretary AMRT Tomin Widian mengatakan dividen Rp1,19 triliun mencerminkan rasio pembayaran sebesar 35% dari laba bersih 2023 yang mencapai Rp3,4 triliun.

“Berdasarkan hasil RUPST, AMRT akan membagikan dividen setidaknya 35% dari total laba bersih 2023 dengan dividen per saham yang akan dibagikan sebesar Rp28,68 per lembar,” ujar Tomin dalam paparan publik di Alfa Tower, beberapa waktu lalu.

Adapun Saratoga akan membagikan dividen sebesar Rp298,43 miliar dari laba bersih tahun buku 2023. Perseroan sejak tahun buku 2019 secara konsisten memberikan dividen sebagai bentuk komitmen kepada para pemegang saham. 

 

Berikut jadwal periode cum date dividen pada pekan terakhir Mei 2024:

Senin, 27 Mei 2024

 1. PT ABM Investama Tbk. (ABMM)

2. PT Adaro Energy Indonesia Tbk. (ADRO)

3. PT Elnusa Tbk. (ELSA)

4. PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk. (SIDO)

5. PT Mark Dynamics Indonesia Tbk. (MARK)

6. PT Multistrada Arah Sarana Tbk. (MASA)

7. PT Pelayaran Nasional Ekalya Purnamasari Tbk. (ELPI)

8. PT Tigaraksa Satria Tbk. (TGKA)

9. PT Sumber Global Energy Tbk. (SGER)

 

Selasa, 28 Mei 2024 

 

10. PT Delta Djakarta Tbk. (DLTA)

11. PT Formosa Ingredient Factory Tbk. (BOBA)

12. PT Kalbe Farma Tbk. (KLBF)

13. PT Kurniamitra Duta Sentosa Tbk. (KLAS)

14. PT Midi Utama Indonesia Tbk. (MIDI)

15. PT Golden Energy Mines Tbk. (GEMS) 

16. PT Saratoga Investama Sedaya Tbk. (SRTG)

17. PT Sepeda Bersama Indonesia Tbk. (BIKE)

18. PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. (AMRT)

 

Rabu, 29 Mei 2024

 

19. PT Ace Olfieds Tbk. (KUAS)

20. PT Surya Biru Murni Acetylene Tbk. (SBMA)

21. PT Wijaya Karya Beton Tbk. (WTON)

 

---------------------------

 Disclaimer: Berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab atas kerugian atau keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Thomas Mola
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper