Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cucu Usaha Pertamina (ELSA) Raih Kontrak Pengeboran Migas Rp1,69 Triliun

Cucu usaha Pertamina, PT Elnusa Tbk. (ELSA) raih kontrak drilling support services untuk PT Pertamina Hulu Energi OSES dan PT Pertamina Hulu Energi ONWJ.
Pegawai Elnusa mengerjakan proyek migas. Istimewa/Pertamina
Pegawai Elnusa mengerjakan proyek migas. Istimewa/Pertamina

Bisnis.com, JAKARTA - PT Elnusa Tbk. (ELSA), cucu usaha Pertamina melalui Pertamina Hulu Energi menandatangani kontrak perjanjian drilling support services senilai total US$106 juta atau senilai Rp1,69 triliun (kurs jisdor Rp16.024). 

Direktur Utama Elnusa Bachtiar Soeria Atmadja mengatakan kontrak pekerjaan ini merupakan sinergi Subholding Upstream Pertamina yang akan dilaksanakan di wilayah Regional 2 yaitu PT Pertamina Hulu Energi OSES dan PT Pertamina Hulu Energi ONWJ. 

“ELSA sebagai kontraktor dalam pekerjaan dengan durasi kontrak 3 hingga 5 tahun yang dimulai pada Mei 2024,” kata Bachtiar dalam keterangan resmi, Rabu (22/5/2024). 

Adapun PT Pertamina Hulu Energi OSES dan PT Pertamina Hulu Energi ONWJ sebagai pemberi kerja, sementara PT Pertamina Drilling Service Indonesia (PDSI) merupakan pelaksana kontrak. 

Salah satu kontrak utama adalah untuk penyediaan H2S Equipment and Services. Bisnis ini berupa layanan menjaga keselamatan kerja dan lingkungan, dimana dalam pekerjaan tersebut memastikan pengendalian dan penanganan gas hidrogen sulfida (H2S) yang aman selama operasi pengeboran. 

Selain itu, ELSA juga akan menyediakan jasa electric logging and tubing conveyed perforating services yang akan berlangsung hingga 2027. Layanan ini menjadi bagian penting untuk memastikan akurasi dan keandalan data geologi serta operasi selama proses pengeboran berlangsung.

Kontrak lainnya adalah untuk penyediaan drill stem test and well test services, baik di PHE OSES maupun PHE ONWJ. Layanan ini memungkinkan evaluasi formasi bawah permukaan dan penilaian potensi produksi hidrokarbon dengan lebih efektif. 

Terakhir, Elnusa juga akan mengerjakan Drilling Fluid Services mencakup penyediaan dan manajemen fluida pengeboran yang esensial untuk stabilitas sumur, pencegahan blowout, dan pengendalian tekanan selama operasi pengeboran.

“Melalui berbagai kontrak kerja di jasa hulu energi pada Integrated Drilling Services di PHE OSES dan PHE ONWJ menjadi milestone baru bagi kami, terlebih dengan adanya integrasi pekerjaan dengan PDSI,” imbuhnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Artha Adventy
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper