Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Deretan Proyek Penting Jasa Marga (JSMR) pada 2024

PT Jasa Marga Tbk. (JSMR) memaparkan sejumlah proyek penting jalan tol pada 2024.
Kendaraan mengantre di Gerbang Tol Cikampek Utama saat arus Mudik Lebaran 2024 - Dok. Jasa Marga
Kendaraan mengantre di Gerbang Tol Cikampek Utama saat arus Mudik Lebaran 2024 - Dok. Jasa Marga

Bisnis.com, JAKARTA – PT Jasa Marga Tbk. (JSMR) memaparkan sejumlah proyek penting yang tengah dikerjakan oleh perseroan yang dapat membantu kinerja perseroan pada tahun mendatang.

Corporate Secretary & Chief Administration Officer JSMR Nixon Sitorus menyampaikan sejumlah upaya dalam meningkatkan jaringan jalan tol di Indonesia lewat pengerjaan sejumlah proyek penting.

“Pada tahun ini perseroan sedang mengerjakan beberapa proyek penting, seperti Jalan Tol Probolinggo-Besuki Seksi 1 Gending- Kraksaan, Jalan Tol Solo-Yogyakarta-NYIA Kulonprogo, Seksi 1.1 Kartasura-Klaten), serta proyek-proyek lainnya,” ujarnya kepada Bisnis, Minggu (28/4/2024).

Dalam pengembangan bisnis jalan tol, JSMR, memiliki beberapa tantangan yakni perseroan perlu lebih selektif dalam melihat peluang dari ruas-ruas potensial yang akan memberikan dampak positif secara jangka panjang. JSMR juga berupaya mengendalikan cost overrun atas biaya konstruksi dalam memastikan ketepatan waktu dalam pembebasan lahan dan juga penyelesaian konstruksi, supaya kelayakan investasi tetap terjaga.

Menurutnya dengan persaingan yang kompetitif di bidang bisnis usaha lain membuat perseroan harus mencari cara dalam menentukan keunggulan bersaing yang akan dibangun dan berfokus pada lini tersebut.

Perseroan juga mewaspadai adanya potensi peningkatan tingkat suku bunga setelah pulihnya kondisi ekonomi pasca pandemi, di mana bisnis jalan tol sangat terpengaruh oleh fluktuasi tingkat suku bunga tersebut, sehingga perseroan perlu melakukan langkah-langkah antisipasi seperti refinancing, negosiasi dengan perbankan, dan sebagainya.

Di tengah tantangan tersebut, JSMR juga meyakini bahwa dengan penerapan Tata Kelola Perusahaan yang Baik atau Good Corporate Governance (GCG) adalah dasar untuk memberikan nilai yang berkesinambungan bagi para pemangku kepentingan. Oleh karena itu, Jasa Marga sebagai salah satu perusahaan BUMN secara terus-menerus meningkatkan sistem dan praktik tata kelola perusahaan, agar tetap dapat bertanggung jawab, transparan, dan berlaku adil.

Adapun komitmen dalam melaksanakan tata kelola perusahaan yang baik, juga telah tercermin tidak hanya dalam peningkatan skor Assessment GCG setiap tahun, tetapi juga dalam tindakan Jasa Marga yang secara konsisten menerapkan prinsip dan praktik tata kelola perusahaan yang baik pada semua tingkat dalam perusahaan dengan cara memberikan contoh, membangun kesadaran, dan melakukan berbagai macam pelatihan terkait nilai Perusahaan dan Aturan Kebijakan yang selaras dengan prinsip-prinsip GCG.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper