Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kominfo Sebut Integrasi TikTok Shop dan Tokopedia Positif Buat UMKM

Komitmen TikTok Shop bergabung dengan Tokopedia demi mematuhi regulasi pemerintah menjadi contoh positif buat memajukan UMKM.
Warga mengakses aplikasi Tiktok di Jakarta. Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Warga mengakses aplikasi Tiktok di Jakarta. Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA - Komitmen TikTok Shop bergabung dengan Tokopedia demi mematuhi regulasi pemerintah menjadi contoh positif buat memajukan UMKM.

Direktur Jendral Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Usman Kansong melihat bahwa integrasi dua platform digital itu akan melindungi UMKM di dalam negeri dan menguntungkan bagi pengembangan industri digital di Indonesia. S

ebagai informasi, sebelumnya pemerintah telah melarang media sosial untuk memfasilitasi transaksi jual-beli maupun transaksi pembayaran demi melindungi UMKM di dalam negeri.

"Penggabungan TikTok Shop ke Tokopedia itu adalah untuk melindungi UMKM kita atau produk dalam negeri. Tujuannya memang itu. Jadi, UMKM kita mestinya terlindungi," kata Usman dalam keterangannya, dikutip Sabtu (27/4/2024).

Adapun, per 27 Maret 2024, proses migrasi dan integrasi sistem TikTok Shop ke Tokopedia telah rampung 100%. Dengan demikian, proses fasilitasi transaksi pembayaran TikTok Shop kini dilakukan pada sistem elektronik Tokopedia. Masyarakat yang klik ikon TikTok Shop, akan otomatis masuk domain Tokopedia. 

Rampungnya integrasi TikTok Shop dan Tokopedia pun akan membuat UMKM di Indonesia terlindungi dari banjir produk impor. Dengan begitu, penjualan UMKM maupun produk dalam negeri diharapkan bisa meningkat.

"Pada intinya, pemerintah mau melindungi industri dalam negeri supaya bersaing secara sehat dan tidak ugal-ugalan dengan industri digital asing," tambah Usman.

Berdasarkan paparan publik PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) pada akhir Februari lalu, TikTok memiliki sekitar 125 juta pengguna aktif bulanan di Indonesia. Sementara berdasarkan data Monthly Active User (MAU) aplikasi Android, iOS dan Unique Visitor, pengguna Tokopedia mencapai lebih dari 100 juta pengguna.

Dengan demikian, integrasi TikTok Shop dan Tokopedia berpotensi menjangkau ratusan juta pengguna aktif bulanan di dalam negeri.

Usman menambahkan kolaborasi antara TikTok Shop dan Tokopedia juga akan menguntungkan industri digital di Tanah Air. Kerja sama kedua raksasa digital tersebut akan memacu perkembangan start-up  di Indonesia dan mendorong anak-anak bangsa untuk mengembangkan industri digital. 

Secara lebih luas, menurut Usman, kolaborasi antar platform digital seperti yang dilakukan TikTok Shop dan Tokopedia akan berdampak positif terhadap perekonomian Indonesia. Sejauh ini, para pelakku memiliki semangat tinggi dalam membangun teknologi digital. Karena itu, Kominfo selalu mendorong agar pemain di industri digital semakin berkembang dan menyesuaikan dengan regulasi yang telah dibuat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Aziz Rahardyan
Editor : Pandu Gumilar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper