Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Vale Indonesia (INCO) Klarifikasi Harga Divestasi Rp3.000-an per Saham

Vale Indonesia (INCO) memberikan klarifikasi atas harga divestasi 14% saham pada harga Rp3.000 per saham ke MIND ID.
Proses penambangan Nikel PT Vale Indonesia Tbk. di Sorowako, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, Jumat (28/7/2023)/Bisnis-Paulus Tandi Bone
Proses penambangan Nikel PT Vale Indonesia Tbk. di Sorowako, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, Jumat (28/7/2023)/Bisnis-Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, JAKARTA - PT Vale Indonesia Tbk. (INCO) memberikan klarifikasi atas harga divestasi 14% saham pada harga Rp3.000-an ke PT Mineral Industri Indonesia (Persero) atau MIND ID

Dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), INCO menjelaskan perseroan bersama Vale Canada Limited (VCL), MINDI ID, dan Sumitomo Metal Mining Co. Ltd. (SMM) telah menandatangani perjanjian induk divestasi.

Dalam perjanjian tersebut, diatus VCL dan SMM akan mengalihkan kepemilikan sahamnya secara proporsional di INCO sekitar 14% kepada MIND ID dan transaksi diharapkan selesai secepatnya. 

"Sebagai bagian dari proses divestasi, INCO telah melakukan valuasi saham dengan menggunakan metode berdasarkan peraturan dan telah menyampaikan data-data yang diperlukan bagi Pemerintah untuk melakukan valuasi harga saham divestasi," tulis INCO, Selasa (20/2/2024). 

Hingga saat ini, lanjut manajemen, belum terdapat perjanjian yang ditandatangani oleh INCO dan pemegang saham INCO mengenai harga saham divestasi. 

INCO melanjutkan, penjualan saham akan dilakukan oleh VCL dan SMM. Untuk tujuan menghitung jumlah saham yang akan didivestasikan, dengan asumsi seluruh transaksi dilakukan melalui penjualan sekunder, maka divestasi pro rata oleh VCL dan SMM atas 14% total saham Vale kepada MIND ID mewakili 1,39 miliar saham. 

"Perseroan berkomitmen untuk mendukung penyelesaian proses divestasi dalam waktu secepatnya," kata manajemen. 

Dalam pemberitaan Bisnis sebelumnya, Kementerian BUMN memastikan penandatanganan kesepakatan terkait dengan divestasi 14% saham kepemilikan asing ke MIND ID akan berlangsung pada pekan depan, atau tepatnya Senin (26/2/2024) sore. 

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo menegaskan bahwa Vale Indonesia dengan MIND ID telah mencapai kata sepakat. Meski demikian, dia belum dapat menyebutkan rincian harga dari aksi divestasi tersebut. 

“Jadi bukan pekan ini [penandatanganan kesepakatan] tapi mundur ke hari Senin [26/2] sore. Sudah tuntas, tapi kalau harga saya tidak mau disclose karena ini material informasi publik, jadi nanti Senin sore ketika waktunya,” ujarnya di Jakarta, Senin (19/2/2024).

INCO kini diketahui tengah menyelesaikan proses divestasi 14% kepemilikan saham Vale Canada Limited dan Sumitomo Metal Mining Co., Ltd kepada MIND ID. 

Proses divestasi tersebut merupakan syarat untuk mendapatkan perpanjangan kontrak karya (KK) dalam bentuk izin usaha pertambangan khusus (IUPK).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper