Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Jatim (BJTM) Finalisasi Penyertaan Modal ke BPD NTB Syariah

Bank Jatim (BJTM) melaporkan progres pembentukan kelompok usaha bank (KUB) dengan PT Bank Pembangunan Daerah NTB Syariah sudah masuk tahap finalisasi.
Bank Jatim/bankjatim.co.id
Bank Jatim/bankjatim.co.id

Bisnis.com, JAKARTA —  PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk. (BJTM) atau Bank Jatim melaporkan progres pembentukan kelompok usaha bank (KUB) dengan PT Bank Pembangunan Daerah NTB Syariah.

Corporate Secretary Bank Jatim Wioga Adhiarma Aji mengatakan saat ini sudah masuk dalam tahap finalisasi juga telah berkomunikasi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk membahas lebih jauh terkait tahap kesepakatan akhir antar pemegang saham pengendali (PSP).

“Harapannya tahun ini kita bisa clear nondisclosure agreement, kesepakatan yang secara prinsip material yang bisa disepakati antara PSP dengan BJTM, sehingga tahun depan tinggal eksekusi,” ujarnya pada awak media saat ditemui dalam CSA Award oleh CSA Institute dan AAEI, Kamis (23/11/2023).

Perseroan pun berharap, tahun ini pihaknya bisa menyelesaikan penandatangan shareholders agreement (SHA), sehingga pada kuartal III/2024 peresmian KUB Bank Jatim tersebut bisa dilakukan.

"Kalau kapan ya paling tidak triwulan pertama sudah clear. Karena produknya harus ada izin dari OJK maka itu sesuatu yang tidak bisa kita prediksi," ungkap Wioga.

Namun, terkait nilainya, Wioga tidak berkomentar lebih jauh. Akan tetapi, dia menyebut sesuai rencana, Bank Jatim akan mengakuisisi sebanyak 100 miliar saham atau sebesar 15% dari saham Bank NTB Syariah untuk tahap awal, sesuai dengan rapat umum pemegang saham (RUPS) keduanya 

“Tapi kalau real-nya berapa share-nya berapa itu subject to OJK approval-nya,” katanya.

Seakan mengonfirmasi, Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Dian Ediana Rae sendiri menyebut bahwa animo beberapa bank untuk melakukan konsolidasi dalam skema KUB sangatlah tinggi. Sehingga, ke depan akan ada BPD yang akan membantu satu atau dua BPD lainnya.

“Saat ini ada yang sedang proses perizinan kepada kita dan kita sedang memprosesnya. Ini cukup menggembembirakan ya soal KUB ini,” ujarnya pada awak media dalam RDK Bulanan, Senin (30/10/2023)

Dian menuturkan, beberapa BPD juga tercatat masih belum memenuhi modal inti. Sehingga, OJK terus mengupayakan secara individual agar BPD mau melakukan action plan, serta menyiapkan beberapa scenario untuk menambah modal ataupun bersinergi dengan BPD lain.

Bahkan, Dian juga menyebut konsep terkait KUB terintegrasi tidak lama lagi akan diluncurkan.

“Ini jadi bukan semata-mata isu modal saja, tapi juga kualitas SDM, kualitas IT dan tata kelola,” tuturnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arlina Laras
Editor : Ibad Durrohman
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper