Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daftar Crazy Rich Indonesia yang Lebih Tajir dari Calon Bos Manchester United

Daftar 6 orang terkaya di Indonesia yang jauh lebih tajir dari calon pemilik klub sepak bola Manchaster United, Sir Jim Ratcliffe.
Jim Ratcliffe calon Bos Baru Manchester United/The Mirror
Jim Ratcliffe calon Bos Baru Manchester United/The Mirror

Bisnis.com, JAKARTA – Enam orang Indonesia masuk dalam daftar 500 orang terkaya di Bloomberg Billionaires Index. Bahkan, beberapa dari 6 orang terkaya di Indonesia jauh lebih tajir dari calon pemilik klub sepak bola Manchaster United, Jim Ratcliffe.

Berdasarkan data Bloomberg Billionaires Index per 13 November 2023, Ratcliffe menempati urutan ke-102, dengan kekayaan yang dimiliki sebesar US$16.8 miliar atau setara dengan Rp263,6 triliun (kurs Jisdor Rp15.693 per dolar AS).

Ratcliffe adalah pendiri dan pemilik mayoritas Ineos, sebuah perusahaan manufaktur bahan kimia yang berbasis di London. Ineos memiliki lebih dari 26.000 karyawan dan beroperasi di 29 negara, serta memiliki pendapatan sekitar US$65 miliar.

Teranyar, Rattcliffe akan segera mengakuisisi 25% saham klub sepak bola Inggris, yakni Manchester United dengan nilai sekitar £1,25 miliar atau sekitar Rp24 triliun. Sebelumnya, klub sepak bola yang dipegang keluarga Glazer itu memang sempat mengumumkan pertimbangan mereka untuk menjual Manchester United.

Sementara itu, beberapa beberapa orang terkaya Indonesia yang mengalahkan kekayaan Ratcliffe di antaranya adalah pendiri PT Bayan Resources Tbk. (BYAN), Low Tuck Kwong yang menempati urutan ke-54 dalam daftar Bloomberg Billionaires Index. Kekayaan Low tercatat sebesar US$26,4 miliar atau Rp414,2 triliun.

Lalu, Pemilik saham PT Barito Pacific Tbk. (BRPT), Prajogo Pangestu tercatat menjadi orang terkaya urutan ke-77 dengan total kekayaan mencapai US$20,6 miliar, atau setara dengan Rp323,2 triliun.

Selain itu, terdapat pemilik grup Djarum, Budi Hartono dan Michael Hartono yang masing-masing mengisi urutan ke-75 dan 80. Total kekayaan Budi Hartono dan Michael Hartono masing-masing sebesar US$21,1 atau Rp331,1 triliun dan US$20 miliar atau Rp313,8 triliun.

Di sisi lain, terdapat beberapa orang terkaya Indonesia lainnya yang masuk dalam daftar Bloomberg Billionaires Index, yakni Chairman grup Salim, Anthoni Salim yang menempati urutan ke-200 dengan total kekayaan sebesar US$ 9,87 miliar atau Rp154,8 triliun.

Lalu, Chairman Indorama Corp, Sri Prakash Lohia menduduki urutan ke-372 dengan kekayaan US$6,36 miliar atau Rp99,8 triliun. (Daffa Naufal Ramadhan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Editor : Pandu Gumilar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper