Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BNI (BBNI) Segera Rilis Fitur Paylater di Mobile Banking Awal 2024

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI) berencana meluncurkan fitur paylater di aplikasi BNI Mobile Banking pada awal 2024.
Karyawan menghitung uang rupiah di salah satu kantor cabang BNI di Tangerang Selatan, Banten, Kamis (30/6/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Karyawan menghitung uang rupiah di salah satu kantor cabang BNI di Tangerang Selatan, Banten, Kamis (30/6/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI) berencana meluncurkan fitur paylater di aplikasi BNI Mobile Banking pada awal 2024. 

Direktur Institutional Banking BNI, Muhammad Iqbal mengatakan bahwa fitur paylater milik perseroan masih bekerja sama dengan platform-platform lokapasar. Namun, dalam waktu dekat, layanan baru tersebut akan tersedia di BNI Mobile Banking. 

“Segera kami akan buat versi yang langsung direct ke mobile banking kami,” ujar Iqbal saat ditemui Bisnis di Hotel Fairmont, Jakarta, Selasa (7/11/2023).

Dia menuturkan bahwa rencana peluncuran fitur paylater di BNI Mobile Banking akan berlangsung pada awal 2024. Saat ini, perseroan masih mempersiapkan segala hal terkait fitur tersebut, termasuk mengkaji langkah-langkah untuk memitigasi risiko kredit. 

Dalam mengembangkan bisnis paylater, Iqbal menyatakan bahwa perseroan menaruh perhatian penuh dalam pengelolaan manajemen risiko. Menurutnya, hal ini menjadi modal penting agar produk yang diluncurkan perseroan tidak mengalami kegagalan. 

“Pola kreditnya seperti apa pun, kalau tidak didukung dengan manajemen risiko yang baik maka pasti akan bermasalah. Itu yang kami selalu jadi perhatian serius jika bicara bagaimana BNI akan meluncurkan setiap produk terkait kredit,” pungkasnya. 

BBNI sejatinya telah telah menyalurkan kredit paylater melalui platform Shopee dan Traveloka sejak 2021. Melalui kerja sama ini, perseroan menyalurkan pinjaman kepada pengguna platform yang memilih opsi pembayaran menggunakan cicilan saat bertransaksi. 

Di sisi lain, dua perbankan raksasa di Tanah Air, yakni PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) dan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI) telah merambah ke segmen paylater.  

Paylater BBCA dengan tagline ‘Butuhnya Now, Bayarnya Later’ merupakan fasilitas kredit yang dapat digunakan sebagai alternatif pembayaran melalui pindai QRIS di aplikasi My BCA. Fitur ini bisa langsung digunakan setelah pengajuan disetujui. 

Sementara itu, Bank Mandiri melalui Livin’ Paylater menawarkan transaksi mulai dari Rp10.000 sampai dengan maksimum Rp20 juta, dan jangka waktu cicilan mulai 1 bulan hingga 12 bulan. Biaya denda keterlambatan mulai dari 4% per bulan dari tagihan tertunggak.

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Dian Ediana Rae mengatakan paylater yang dikembangkan oleh bank merupakan penyaluran kredit atau pembiayaan melalui aplikasi atau delivery channel seperti mobile banking.

Sementara itu, penawaran produk bank melalui aplikasi termasuk ke dalam Layanan perbankan digital. Hal ini mengacu pada peraturan OJK (POJK) No.12/POJK.03/2018, tentang Penyelenggaraan Layanan Perbankan Digital Oleh Bank Umum (LPD). 

Melalui ketentuan itu, bank yang menyelenggarakan layanan perbankan digital harus memenuhi sejumlah persyaratan, di antaranya memiliki peringkat profil risiko dengan peringkat 1 atau peringkat 2 berdasarkan penilaian tingkat kesehatan bank periode penilaian terakhir.

Bank juga mesti memiliki infrastruktur teknologi informasi dan manajemen pengelolaan infrastruktur teknologi informasi yang memadai. 

Selain memenuhi ketentuan POJK LPD, bank juga harus memenuhi ketentuan dalam POJK No.13/POJK.03/2021 tentang Penyelenggaraan Produk Bank Umum yang mengatur mengenai mekanisme penyelenggaraan produk bank.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper