Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tiga Alasan Utama Gen-Z Harus Melek Investasi Sejak Dini

Investasi membantu dalam mengatur dan mengelola keuangan menjadi lebih baik, mempersiapkan masa depan finansial yang lebih baik, dan mencapai tujuan keuangan.
Ilustrasi anak muda yang kebingungan lantaran memiliki tunggakan atau utang di pinjaman online atau pinjol. Dok Freepik
Ilustrasi anak muda yang kebingungan lantaran memiliki tunggakan atau utang di pinjaman online atau pinjol. Dok Freepik

Bisnis.com, JAKARTA – Investasi sangat membantu dalam mengatur dan mengelola keuangan menjadi lebih baik, mempersiapkan masa depan finansial yang lebih baik, dan mencapai tujuan keuangan. Itulah alasan mengapa investasi sangat penting dan perlu dimulai sesegera mungkin.

Berdasarkan keterangan resmi, Jumat (22/9/2023) Community Lead IPOT Angga Septianus menyampaikan, investasi sebaiknya dilakukan sesegera mungkin. Teritama jika sudah punya tujuan keuangan jangka panjang seperti pensiun, pendidikan anak, maupun tujuan keuangan lainnya.

Angga menjelaskan sejumlah alasan mengapa belajar untuk mulai investasi perlu dilakukan sejak dini melalui pemahaman time value of money. Sebuah konsep penting dalam investasi, di mana uang yang diinvestasikan hari ini memiliki potensi untuk tumbuh lebih besar di masa depan.

Terdapat tiga poin penting dalam konsep tersebut. Pertama, pengembangan modal. Dengan berinvestasi lebih awal, maka akan lebih banyak waktu untuk uang dapat berkembang.

“Uang yang diinvestasikan memiliki potensi untuk menghasilkan keuntungan atau imbal hasil, yang pada gilirannya dapat menghasilkan lebih banyak uang di masa depan.” kata Angga.

Kedua, diversifikasi rasio. Dengan berinvestasi lebih awal, maka akan memiliki kesempatan untuk lebih mendiversifikasi portofolio. Angga menjelaskan, diversifikasi dapat membantu mengurangi risiko karena memiliki investasi yang perlu dikelola dalam berbagai jenis aset.

Ketiga, siap hadapi risiko dan disiplin keuangan. Dengan memulai investasi di usia yang lebih muda, maka akan lebih siap untuk menghadapi risiko pasar yang alami. Selain itu, dengan berinvestasi sejak dini maka akan terbangun disiplin keuangan.

"Investasi sejak dini mengajarkan kita untuk mengalokasikan sebagian pendapatan untuk masa depan dan hal ini dapat menjadi kebiasaan baik dalam olah disiplin keuangan." pungkas Angga.

Namun, diperlukan pemahaman ilmu dasar untuk memulai investasi, termasuk memahami risiko, diversifikasi, serta pilihan instrumen investasinya yang tepat. Untuk menjawab kebutuhan tersebut, Indo Premier Sekuritas menyediakan aplikasi investasi saham IPOT yang dilengkapi fitur Simulasi Investasi

Adapun fitur Simulasi Investasi merupakan fitur simulasi untuk jual beli saham di IPOT yang didukung 14 fitur unggulan, di antaranya seperti fitur chart, fundamental, activities, dan sebagainya. Fitur tersebut membuat pengguna merasakan secara langsung transaksi jual beli saham secara real time tanpa harus takut kehilangan uang.

Fitur tersebut tersedia di dalam aplikasi IPOT. Pengguna hanya perlu mengunduh aplikasinya dan langsung menggunakan fitur itu tanpa registrasi. (Daffa Naufal Ramadhan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Editor : Pandu Gumilar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper