CSR WEGE Gelar Pelatihan Dasar Perancah untuk Kompetensi Pekerja di IKN

WEGE memberikan pelatihan dasar perancah kepada para pekerja, sebagai bagian dari komitmen untuk Safety dan Quality dari setiap proyek yang dikerjakan.
Foto: WEGE Gelar Pelatihan Dasar Perancah untuk Kompetensi Pekerja di IKN
Foto: WEGE Gelar Pelatihan Dasar Perancah untuk Kompetensi Pekerja di IKN

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam upaya untuk memastikan keamanan dan efisiensi dalam proyek konstruksi yang sedang berlangsung proyek di Gedung Kemenko paket 1, PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk. (WEGE) memberikan pelatihan dasar perancah kepada para pekerja. Pelatihan ini diadakan pada Kamis, 14 September 2023, sebagai bagian dari komitmen WEGE untuk Safety dan Quality dari setiap proyek yang dikerjakan oleh WEGE.

Pekerja konstruksi yang bertanggung jawab dalam bagian bekisting harus memiliki kompetensi sebagai scaffolder. Pelatihan ini adalah langkah krusial untuk memastikan keamanan pekerja dan keberhasilan proyek konstruksi Gedung Kemenko Paket 1.

Pelatihan dilakukan dengan cermat dan profesional, melibatkan pemberian materi dasar melalui video serta penjelasan oleh instruktur berpengalaman yang telah memiliki sertifikat supervisor scaffolding. Pada tahap berikutnya, para pekerja terlibat dalam sesi praktik mendirikan scaffolding yang diselenggarakan di lapangan.

Materi pelatihan mencakup berbagai aspek penting, termasuk prinsip-prinsip keselamatan, pemahaman tentang perancah (scaffolding), serta teknik-teknik yang diperlukan untuk mendirikan perancah dengan aman dan efisien. Dengan penekanan pada praktik, para pekerja konstruksi memiliki kesempatan untuk mengasah keterampilan baru mereka di bawah pengawasan ahli dalam bidangnya.

"Pelatihan ini adalah langkah signifikan dalam meningkatkan kualitas dan keselamatan kerja di Gedung Kemenko 1 (Marves). Kami sangat berkomitmen untuk memberikan pelatihan yang berkualitas kepada para pekerja konstruksi kami untuk memastikan proyek ini berjalan dengan baik," kata Ary Hikmasari, Manajer Biro QSHE WEGE.

CSR WEGE Gelar Pelatihan Dasar Perancah untuk Kompetensi Pekerja di IKN

Sertifikasi Scaffolder meruapakan langkah penting menuju standar keamanan dan kualitas yang lebih tinggi. Mochamad Firdaus Manajer Konstruksi menyatakan, "Kami turut berharap bahwa pelatihan ini akan membantu para pekerja konstruksi dalam mencapai tingkat keahlian yang diperlukan untuk menghadapi tugas-tugas mereka dengan lebih percaya diri dan efisien."

Para pekerja sangat mengapresiasi kegiatan pelatihan dasar perancah tersebut. Kegiatan pelatihan ini bukti nyata dari komitmen WEGE untuk mencapai standar tertinggi dalam pelaksanaan proyek konstruksi dan keamanan kerja.

"Saya merasa sangat beruntung telah mengikuti pelatihan dasar perancah ini. Ini telah meningkatkan keterampilan kami sebagai pekerja konstruksi dan meningkatkan tingkat keselamatan di tempat kerja. Terima kasih kepada WIKA Gedung dan semua instruktur yang telah membuat pelatihan ini menjadi pengalaman yang berharga," ucap salah satu pekerja.

Selain itu, penting untuk dicatat bahwa program pelatihan ini merupakan bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan yang memiliki nilai tambah bagi bisnis perusahaan. Program ini memiliki nilai CSV (Creating Shared Value), yang berarti memberikan nilai tambah khususnya bagi para pekerja konstruksi. Ini tidak hanya meningkatkan keselamatan dan kualitas proyek saat ini, tetapi juga akan berdampak positif pada kinerja dan kualitas proyek dimasa mendatang.

"Saat ini, WEGE tidak hanya berinvestasi dalam infrastruktur fisik, tetapi juga dalam pengembangan sumber daya manusia. Kami yakin bahwa dengan meningkatkan kompetensi para pekerja konstruksi, kami dapat menciptakan nilai tambah bagi perusahaan dan masyarakat secara keseluruhan," tambah Ary Hikmasari, Manajer Biro QSHE WEGE.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper