Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wika Beton (WTON) Produksi Sabodam Modular Proyek Air Baku di Palu

Wika Beton (WTON) menerima pesanan sebanyak 1.080 buah produk precast sabodam modular dengan target selesai pada 30 Desember 2023.
PT Wijaya Karya Beton Tbk. (WTON) memproduksi precast sabodam modular/Dok.WTON.
PT Wijaya Karya Beton Tbk. (WTON) memproduksi precast sabodam modular/Dok.WTON.

Bisnis.com, JAKARTA - PT Wijaya Karya Beton Tbk. (WTON) memulai produksi komponen beton pracetak sabodam modular untuk proyek rehabilitasi sistem penyediaan air baku hunian tetap (Huntap) Tondo di Palu, Sulawesi Tengah.

Proyek Huntap Tondo dimiliki oleh Balai Wilayah Sungai Sulawesi III Palu Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), dengan penyedia jasa utama PT Minarta Dutahutama.

Sekretaris Perusahaan Wika Beton Dedi Indra mengatakan proyek ini diwujudkan pemerintah sebagai langkah penanggulangan banjir dan pengendalian sedimen pada kawasan Huntap bagi masyarakat korban bencana Palu di Tondo.

WTON menerima pesanan sebanyak 1.080 buah produk precast sabodam modular dengan target selesai pada 30 Desember 2023,” kata dia dalam keterangan resmi, Jumat (8/9/2023).

Saat ini proses produksi sedang dilakukan di mobile plant Wika Beton di Mamboro, Palu, Sulawesi Tengah. Sabodam merupakan jenis bangunan bendungan yang berfungsi untuk menampung dan mengendalikan banjir sedimen, serta mengarahkan aliran debris agar mengikuti alur sungai.

Dengan demikian, kecepatan aliran dan debit sedimen yang mengalir dari hulu bangunan dapat dikendalikan sehingga tidak menimbulkan kerusakan di sekitar aliran sungai, dan air yang mengalir juga menjadi lebih bersih.

Pada umumnya, kata Dedi, bangunan sabodam di Indonesia dibuat dengan sistem konvensional menggunakan beton cor ditempat. Namun metode konvensional ini memiliki kelemahan seperti hasil mutu beton yang rendah sehingga tidak tahan abrasi dan benturan.

Dalam upaya meningkatkan kualitas bangunan sabodam, Balai Teknik Sabo Kementerian PUPR menggandeng Wika Beton sebagai ahli di bidang beton tanah air untuk melakukan kerja sama penelitian mengenai Sabodam Modular.

“Hasil inovasi ini sudah didaftarkan hak paten ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM sejak tahun 2019, dengan dua pihak pemegang paten yakni Direktorat Bina Teknik Sumber Daya Air Kementerian PUPR dan Wika Beton,” kata Dedi

Selain proyek Sabodam di Huntap Tondo, Palu, produk sabodam modular Wika Beton juga telah terpasang di dua proyek sabodam lainnya yakni proyek Sabodam Modular Kali Konto, Kediri, Jawa Timur, serta proyek Sabodam Modular Milangodaa, Sulawesi Utara.

“WTON selalu berkomitmen mendukung program pemerintah untuk melakukan pemerataan pembangunan infrastruktur di penjuru Indonesia dengan beragam produk dan jasa yang inovatif dan memenuhi standar kualitas dan mutu dunia,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Farid Firdaus
Editor : Farid Firdaus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper