Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

10 Saham Paling Laris Diborong Investor Asing, BBCA hingga GOTO

Sejumlah saham big cap seperti GOTO dan BBCA masih menjadi incaran investor asing.
Pengemudi ojek online (ojol) menunjukan logo GoTo di Jakarta, Rabu (26/10/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha
Pengemudi ojek online (ojol) menunjukan logo GoTo di Jakarta, Rabu (26/10/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA – Investor asing membukukan net sell sebesar Rp192,19 miliar pada perdagangan kemarin. Namun, sejumlah saham big cap seperti GOTO dan BBCA masih diborong (net buy) oleh para investor luar negeri.

Kemarin (13/07/2023), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat sebesar 2 poin atau 0,03 persen ke level 6.810. Sektor healthcare paling menguat dengan kenaikan 2,13 persen, sementara di posisi terlemah turun sektor properties & real estate sebanyak 1,20 perse, dan consumer cyclicals anjlok 1,01 persen.

Associate Director of Research and Investment Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus memaparkan berdasarkan analisa teknikal, IHSG hari ini berpotensi menguat terbatas, dengan potensi koreksi dan akan bermain di kisaran support and resistance 6.796 - 6.842.

Pilarmas Sekuritas merekomendasikan investor untuk mencermati saham BRMS denghan target support dan resistensi 164-179, saham ANTM pada 1.955-2.070, dan saham SMBR pada 370-398.

Salah satu yang menjadi sentimen IHSG adalah data terbaru Indeks Penjualan Riil (IPR) Juni 2023 yang sebesar 223,2 atau turun tipis sebesar 0,1 persen secara bulanan (month-on-month/MoM) dari IPR Mei 2023 yang sebesar 223,5, namun demikan IPR masih tumbuh positif.

Pencapaian IPR tersebut didorong oleh membaiknya pertumbuhan kelompok makanan, minuman, dan tembakau serta bahan bakar kendaraan bermotor yang pada bulan sebelumnya berada dalam fase kontraksi.

Sementara itu, analis senior Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya mengatakan pergerakan IHSG saat ini terlihat kembali pada rentang konsolidasi wajar pasca mengalami kenaikan jangka pendek pada beberapa waktu sebelumnya. Adapun perkembangan pola pergerakan IHSG dalam jangka panjang masih menunjukkan tren positif.

“Sehingga peluang kenaikan masih terbuka lebar hal ini juga ditopang oleh capital inflow yang telah tercatat secara year-to-date,” jelasnya dalam riset.

Menurut William, IHSG hari ini berpotensi menguat terbatas pada kisaran 6.636 – 6.888. Dia merekomendasikan saham SMGR, BMRI, ASII, BBRI, UNVR, BSDE, dan AKRA.

Sebagian saham yang direkomendasikan analis tersebut tercatat menjadi incaran beli investor asing pada perdagangan kemarin.

10 Saham Paling Banyak Diborong Investor Asing pada Kamis 14 Juli 2023:

  1. PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) - Rp 110,4 miliar
  2. PT Kalbe Farma Tbk. (KLBF) - Rp 38,1 miliar
  3. PT Semen Indonesia Tbk. (SMGR) - Rp 27,6 miliar
  4. PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) - Rp 16,8 miliar
  5. PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. (ICBP) - Rp 16,6 miliar
  6. PT Trimegah Bangun Persada Tbk. (NCKL) - Rp 14,4 miliar
  7. PT Indosat Tbk. (ISAT) - Rp 11,9 miliar
  8. PT Unilver Indonesia Tbk. (UNVR) - Rp 11,3 miliar
  9. PT Astra International Tbk. (ASII) - Rp 8,0 miliar
  10. PT United Tractors Tbk. (UNTR) - Rp 6,7 miliar

Disclaimer: berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Farid Firdaus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper