Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dolar As kala Isu Redenominasi Mencuat

Pemerintah Indonesia berencana untuk menyederhanakan nilai rupiah, seperti Rp1.000 menjadi Rp1, bagaimana dampaknya terhadap nilai tukar terhadap dolar AS
Foto gambar mata uang rupiah dengan nominal Rp100.000. - Bloomberg/Brent Lewin
Foto gambar mata uang rupiah dengan nominal Rp100.000. - Bloomberg/Brent Lewin
Live Timeline

Bisnis.com, JAKARTA — Pemerintah Indonesia berencana untuk menyederhanakan nilai rupiah, seperti Rp1.000 menjadi Rp1, bagaimana dampaknya terhadap nilai tukar terhadap dolar AS di kemudian hari?

Direktur Eksekutif Center of Reform on Economics (Core) Mohammad Faisal mengungkapkan setiap kebijakan yang berlaku, terdapat hal positif dan negatif. 

“Positifnya redenominasi rupiah meningkatkan kredibiltas terhadap mata uang dan membuat transaksi keuangan lebih efisien,” ujarnya, dikutip, Senin (26/6/2023). 

Dalam redenominasi, baik nilai uang maupun barang, hanya dihilangkan beberapa angka nolnya saja. Dengan demikian, redenominasi akan menyederhanakan penulisan nilai barang dan jasa yang diikuti pula penyederhanaan penulisan alat pembayaran (uang).

Sementara itu, Faisal melihat dari kebijakan tersebut berpotensi muncul dampak negatif bila pemerintah tidak menyiapkan redenominasi dengan baik atau kurang sosialisasi, terutama di daerah 3T. 

“Bisa berdampak pada inflasi dan kebingungan masyarakat khususnya yang berpendidikan menengah bawah,” lanjutnya. Faisal juga melihat penerapan redenominasi memang membutuhkan waktu yang tepat, baik dari sisi ekonomi, sosial, maupun politik yang berlangsung. Meskipun masih belum dapat diterapkan karena menunggu situasi ekonomi domestik maupun global dalam kondisi kondusif.

Sementara itu, Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat ditutup melemah ke level Rp14.998 pada perdagangan Jumat (23/6/2023). Pelemahan terjadi pasca the Fed memberi sinyal kembali menaikkan suku bunga acuan.

Berdasarkan data Bloomberg pukul 15.05 WIB, rupiah ditutup terkoreksi 0,39 persen ke Rp14.940,5 per dolar AS. Adapun indeks dolar AS menguat 0,55 persen ke 102,95.

Bersamaan dengan rupiah beberapa mata uang kawasan Asia yang turut melemah adalah won Korea Selatan turun 0,73 persen, dolar Singapura turun 0,48 persen, dan ringgit Malaysia turun 0,46 persen.

Selanjutnya, rupee India turun 0,37 persen, baht Thailand turun 0,36 persen, peso Filipina turun 0,21 persen, dan dolar Taiwan turun 0,12 persen.

Sementara itu, mata uang Asia yang menguat di hadapan dolar AS adalah yen Jepang naik 0,17 persen, dolar Hong Kong naik 0,02 persen, dan yuan China naik 0,02 persen.

Analis Sinarmas Futures Ariston Tjendra memproyeksikan rupiah bersama nilai tukar lainnya kemungkinan berbalik melemah terhadap dolar AS pada pagi ini. Para pelaku pasar disebut mulai mengantisipasi adanya kenaikan suku bunga acuan pada Juli 2023.

“Survei CME FedWatch Tool memperlihatkan kenaikan probabilitas bahwa suku bunga AS akan naik 25 bp di bulan Juli dari sekitar 74 persen menjadi 76,9 persen,” tutur Ariston dalam riset, Jumat (23/6/2023).

Dalam rapat dengar pendapat dengan Kongres AS selama 2 hari, Ketua Federal Reserve Jerome Powell mengatakan suku bunga AS masih akan di level tinggi dan kemungkinan masih ada dua kenaikan lagi demi menurunkan inflasi AS.

Selain itu, Powell juga menyebut the Fed belum melihat adanya pemangkasan suku bunga dalam waktu dekat. Data perekonomian AS pun tidak sepenuhnya menunjukkan perlambatan dengan data perumahan AS yang dirilis memperlihatkan pertumbuhan.

Dari dalam negeri, Ariston mengatakan prospek pertumbuhan perekonomian Indonesia dan inflasi yang stabil kemungkinan dapat membantu menahan pelemahan rupiah agar tidak terlalu dalam.

16:39 WIB
Rupiah Ditutup Melemah

Mengutip data Bloomberg, rupiah ditutup melemah 23 poin atau 0,15 persen ke Rp15.021 per dolar AS. Sementara itu, indeks dolar AS juga bergerak di zona merah, terkoreksi 0,13 persen ke 102,76. 

12:02 WIB
Rupiah Cenderung Melemah?

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) dibuka melemah ke level Rp15.032 di tengah mencuatnya isu redenominasi rupiah atau rencana pemerintah untuk menyederhanakan nilai rupiah, seperti Rp1.000 menjadi Rp1.


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper