Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Target MD Pictures (FILM) Tahun Ini dari Jualan Horor & Teror

MD Pictures (FILM) menjaring 4,8 juta penonton lewat film Sewu Dino dan KKN Desa Penari menembus 10 juta penonton.
Poster film Sewu Dino. Dok Twitter Simple Man
Poster film Sewu Dino. Dok Twitter Simple Man

Bisnis.com, JAKARTA — Emiten rumah produksi PT MD Pictures Tbk. (FILM) membidik kinerja moderat pada 2023 setelah merilis film pencetak rekor KKN di Desa Penari pada 2022 lalu. Manajemen menargetkan kinerja pada 2023 sama dengan tahun sebelumnya.

Direktur MD Pictures Priyadarshi Anand mengatakan FILM akan mengoptimalkan proses monetisasi pada setiap konten yang disiapkan. Sebagaimana diketahui, FILM membukukan kenaikan laba hingga 418 persen sepanjang 2022 sehingga menjadi Rp156,1 miliar.

Peningkatan tersebut didorong oleh melonjaknya penjualan dari Rp255,0 miliar pada 2021 menjadi Rp436,9 miliar pada 2022. Penjualan dari pos layar lebar memiliki kontribusi terbesar sebanyak 77,3 persen atau setara Rp305,3 miliar.

Lonjakan pendapatan FILM pada 2022 tak lepas dari kontribusi KKN di Desa Penari. Film yang diadaptasi dari kisah nyata itu membuat MD Pictures memecahkan rekor sebagai rumah produksi yang merilis film Indonesia terlaris sepanjang masa dengan lebih dari 10 juta penonton.

“Kami melihat di kuartal kedua ada kenaikan penonton film layar lebar sebagaimana di kuartal kedua tahun lalu kami merilis KKN di Desa Penari. Untuk 2023 ini kami masih memiliki beberapa pipeline film sehingga ekspektasi kami tahun ini performa kurang lebih sama dengan 2022,” kata Priyadarshi, Jumat (9/6/2023).

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama MD Pictures Manoj Punjabi mengatakan FILM telah menyiapkan sejumlah film-film yang akan dioptimalisasi untuk mengerek pendapatan. Adapun beberapa film dalam pipeline yang telah dijadwalkan rilis tahun ini mencakup Ganjil Genap, Catatan Si Boy, Kisah Tanah Jawa dan Layangan Putus.

“Masih banyak tahun ini yang siap datang ke layar lebar. Strategi kami akan ada judul-judul yang menjadi andalan dan siap berkontribusi maksimal,” kata Manoj.

Manoj juga mengemukakan bahwa segmen film digital akan dioptimalisasi seiring dengan kerja sama erat yang dijalin perusahaan dengan over the top (OTT) platform. Sebagai catatan, FILM melaporkan kenaikan penjualan digital hingga 440,5 persen sepanjang kuartal I/2023 dari Rp6,0 miliar menjadi Rp32,7 miliar. Performa tersebut memberikan kontribusi sebesar 60,8 persen dalam pos penjualan. Adapun laba bersih pada kuartal I/2023 bertengger di Rp1,6 miliar.

Sebelumnya pada 19 April 2023, MD Pictures telah merilis film terbarunya berjudul Sewu Dino. Film ini telah meraih lebih dari 4,8 juta penonton dan kembali menempatkan FILM di posisi teratas box office 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper