Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mau Masuk Obligasi Korporasi? Perhatikan Hal Ini Dulu

Investor yang ingin masuk pasar obligasi korporasi harus lebih memperhatikan beberapa hal terkait kondisi emiten dan risk appetite-nya. Simak tipsnya.
Ilustrasi OBLIGASI. Bisnis/Abdullah Azzam
Ilustrasi OBLIGASI. Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA — Investor yang ingin masuk pasar obligasi korporasi harus lebih memperhatikan beberapa hal terkait kondisi emiten dibandingkan investor yang masuk obligasi Pemerintah.

Head of Fixed Income Research Mandiri sekuritas Handy Yunianto mengatakan obligasi akan menarik tergantung dari risk appetite. Jika investor masih konservatif maka obligasi pemerintah akan lebih menarik karena memiliki risiko kredit nol.

“Kalau risk appetitenya lebih tinggi maka obligasi korporasi bagus untuk dilirik,” katanya pada acara Market and Fixed Income Outlook 2023, Rabu (7/6/2023).

Hal itu berkaitan dengan pertumbuhan ekonomi saat ini yang dinilai tidak akan masuk resesi. Pertumbuhan ekonomi yang baik dan kinerja emiten baik maka kemampuan untuk membayar kewajiban juga akan meningkat.

Namun demikian, Handy mengatakan memang harus berhati-hati ketika bicara obligasi korporasi karna ada risiko kredit pilihan sektor. Investor juga perlu melihat rating ataupun kinerja.

“Harus lebih ada effort dibandingkan obligasi pemerintah,” lanjutnya.

Di sisi lain, Handy menilai saat ini obligasi baik korporasi maupun pemerintah masih menarik. Hal itu terlihat dari kepemilikan asing pada pasar obligasi Indonesia akan lebih banyak lagi. Saat ini, in flow asing sudah tercatat sebesar Rp70 triliun dan masih ada ruang untuk asing masuk jika melihat angka in flow asing sebelum pra pandemi yang tercatat di atas Rp1.050 triliun.

“Akan kembali ke pre covid, negara lain sudah naik ke level tersebut. Kita masih maintenance positive view, risiko terbesar masih dari global, kalau The Fed menaikkan suku bunganya agresif walaupun sepertinya kemungkinannya kecil,” kata Handy.

Obligasi juga memiliki prospek cerah karena perlambatan inflasi dan siklus kenaikan suku bunga The Fed yang memuncak. Selain itu data inflasi di Amerika sudah melewati puncaknya, US treasury yield akan turun serta dolar melemah.

Handy juga mengatakan harga komoditas yang menurun juga menjadi salah satu tantangan di pasar obligasi maupun saham. Hal itu karena tahun sebelumnya harga komoditas melambung tinggi, sementara tahun ini harga komoditas turun.

“Begitu harga komoditas turun apakah current account balance solid apakah revenue fiskal kita masih bisa bagus karena tahun lalu kita bisa naik revenue luar biasa karena itu,” imbuhnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Artha Adventy
Editor : Ibad Durrohman
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper