Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dividen Telkom (TLKM) Cum Date Besok, Cek Rekomendasi Sahamnya

Konsensus analis sebagian besar merekomendasikan untuk membeli saham Telkom Indonesia (TLKM) yang akan membayar dividen dalam waktu dekat.
Pendar cahaya dari lampu gedung Telkom Landmark Tower, kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan./tlt.co.id
Pendar cahaya dari lampu gedung Telkom Landmark Tower, kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan./tlt.co.id

Bisnis.com, JAKARTA - Divien emiten telekomunikasi PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM) memasuki jadwal cumulative date pada besok, Jumat (9/6/2023). Konsensus analis sebagian besar menyarankan untuk membeli saham TLKM. 

Berdasarkan data Bloomberg, sebanyak 37 dari 40 analis menyarankan untuk membeli saham TLKM. Sementara itu, sisanya sebanyak 3 analis menyarankan untuk hold saham TLKM. 

Analis Panin Sekuritas Aqil Triyadi juga merekomendasikan untuk membeli saham Telkom atau TLKM. Panin Sekuritas memiliki target harga atau target price pada Rp4.800 per saham.

Untuk aksi korporasi Telkom yang menggabungkan IndiHome ke Telkomsel, Aqil memandang penggabungan ini dapat menjadi strategi TLKM untuk menurunkan belanja modal. Pada akhirnya, penggabungan ini menurut Aqil dapat meningkatkan margin TLKM. 

“Yang kita tahu saat ini pertumbuhan margin TLKM tidak lagi signifikan dibandingkan beberapa tahun lalu,” kata Aqil kepada Bisnis, dikutip Kamis (8/6/2023). 

Aqil menilai efek FMC yang akan digeber TLKM pada paruh kedua tahun ini belum akan begitu terasa hingga akhir tahun. Pasalnya, komersialisasi FMC rencananya baru akan dilakukan pada Agustus 2023.

Meski demikian, Panin Sekuritas memandang sinergi FMC ini dapat menjadi motor pertumbuhan ke depan bagi perusahaan telekomunikasi pelat merah ini. Adapun Panin Sekuritas memperkirakan EBITDA TLKM pada 2023 dapat tumbuh di kisaran 6 hingga 8 persen secara tahunan atau year-on-year (yoy). 

Sebelum menggeber FMC, aksi korporasi TLKM terdekat adalah pembagian dividen ke pemegang sahamnya. TLKM akan membagikan dividen tunai sebesar 80 persen dari laba bersih atau sejumlah Rp16,6 triliun pada 5 Juli 2023 kepada pemegang sahamnya.  

Adapun total dividen TLKM ini adalah sebesar Rp16,6 triliun dari laba bersih tahun 2022 yang sebesar Rp20,75 triliun. Dividen ini setara dengan Rp167,59 per saham. Sementara itu, sisanya sebesar Rp4,15 triliun akan digunakan sebagai laba ditahan untuk membiayai pengembangan usaha TLKM

Jadwal pembagian dividen Telkom adalah cum dividen di pasar reguler dan negosiasi pada 9 Juni 2023, dengan ex dividen di pasar reguler dan negosiasi pada 12 Juni 2023.  

Lalu cum dividen di pasar tunai pada 13 Juni 2023, dengan ex dividen di pasar tunai pada 14 Juni 2023. Recording date dividen jatuh pada 13 Juni 2023, dan tanggal pembayaran dividen Telkom pada 5 Juli 2023. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper