Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler Hari Ini: Kekompakan Hermanto Tanoko & Lo Kheng Hong dan Aksi Senyap di Saham INDY

Aksi kompak Hermanto Tanoko & Lo Kheng Hong serta aksi senyap di saham INDY menjadi topik terpopuler di Kanal Market Bisnis.com.
Presiden Komisaris PT Avia Avian Hermanto Tanoko./Instagram
Presiden Komisaris PT Avia Avian Hermanto Tanoko./Instagram

Bisnis.com, JAKARTA - Pembaca Kanal Market Bisnis.com sepanjang kemarin, Senin (22/5/2023) tertarik dengan aksi kompak konglomerat Hermanto Tanoko dan investor kawakan Lo Kheng Hong di bursa saham.

Keduanya memiliki sejumlah saham emiten yang sama, salah satunya di saham ABM Investama (ABMM).

Berita terpopuler lainnya mengenai investor kakap, seperti BlackRock hingga Lo Kheng Hong masih kepincut dengan Indika Energy (INDY), yang perlahan mulai meninggalkan batu bara.

Berikut daftar selengkapnya 5 berita terpopuler di Kanal Market Bisnis.com:

1. Kompaknya Hermanto Tanoko dan Lo Kheng Hong di Bursa Saham

Investor kawakan Lo Kheng Hong dan konglomerat Hermanto Tanoko menunjukkan keakrabannya di bursa saham.

Terkini, Hermanto Tanoko, Tancorp, beserta keluarga Tanoko lainnya, bersanding dengan Lo Kheng Hong menguasai saham PT ABM Investama Tbk. (ABMM).

ABMM mencatat Lo Kheng Hong memiliki sebanyak 114,21 juta saham ABMM, atau setara 4,148 persen kepemilikan. Sementara itu, keluarga Tanoko yang menggenggam saham ABMM adalah Hermanto Tanoko dan Robert Christian Tanoko.

2. Aksi Senyap BlackRock hingga Lo Kheng Hong di Saham Indika INDY

Grup Indika melalui PT Indika Energy Tbk. (INDY) yang mulai mengurangi ketergantungan terhadap bisnis batu bara masih memikat para investor kakap mulai dari BlackRock Inc. hingga Lo Kheng Hong.

Perusahaan manajemen aset terbesar di dunia, BlackRock, menjadi salah satu investor kakap yang diam-diam rajin mengakumulasi saham INDY sepanjang 2023.

Berdasarkan data Bloomberg, kepemilikan BlackRock di saham INDY terus bertambah sejak Januari 2023 hingga periode berjalan Mei 2023.

3. Lo Kheng Hong dan Hermanto Tanoko Bersanding Kuasai Saham ABMM

Investor kawakan Lo Kheng Hong dan keluarga Tanoko bersanding menguasai saham PT ABM Investama Tbk. (ABMM).

Dalam informasi di situs resminya, ABMM mencatat Lo Kheng Hong memiliki sebanyak 114,21 juta saham ABMM, atau setara 4,148 persen kepemilikan. Sementara itu, keluarga Tanoko yang menggenggam saham ABMM adalah Hermanto Tanoko dan Robert Christian Tanoko.

Hermanto Tanoko menggenggam sebanyak 21,10 juta saham ABMM atau setara 0,76 persen kepemilikan, dan Robert Tanoko mengempit sebanyak 6,86 juta saham ABMM atau setara 0,24 persen kepemilikan.

4. Solusi Utang WSKT, WIKA, PTPP, dan ADHI, Merger atau Restrukturisasi?

Suasana hati Menteri BUMN Erick Thohir sedang cukup cerah ketika menjawab pertanyaan demi pertanyaan awak media dalam agenda Halal bi Halal di kantornya, Senin (8/5/2023).

Penjelasan Erick termasuk mengenai nasib BUMN karya (WSKT, WIKA, PTPP, dan ADHI) di tengah tekanan utang dan beban keuangan. Erick menjawab mulai dari isu mengenai diciduknya Direktur Utama salah satu BUMN karya terkait kasus korupsi oleh Kejaksaan Agung.

Dia menyebut masih bakal mendalami mengenai peran yang dilakukan oleh sang Dirut. Dia kemudian bercerita mengenai rencananya melakukan transformasi pada BUMN karya, termasuk konsolidasi ke dalam bentuk holding.

5. Cicil Tipis-Tipis Pengepul Saham GOTO

PT Goto Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) memang baru akan resmi jadi anggota salah satu indeks MSCI akhir bulan nanti.

Namun, segelintir investor institusi rupanya tak mau ketinggalan menyerap saham entitas pengontrol Gojek dan Tokopedia tersebut.

Contohnya adalah UBS Lux Fund Solutions, fund manager di bawah Grup UBS, lewat salah satu ETF kelolaan mereka yang mengacu indeks MSCI yakni MSCI Emerging Markets UCITS ETF. Pekan lalu, UBS Lux Fund Solutions terekam melaporkan pembelian atas sekitar 92,7 juta lembar saham GOTO ke dalam portofolio tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper