Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler Hari Ini: Adaptasi LPPF Usai Lebaran dan Bank Jumbo Prancis Borong Saham

Matahari Department Store (LPPF) dan saham royal dividen menjadi topik terpopuler di Kanal Market Bisnis.com.
Gerai baru PT Matahari Department Store Tbk. (LPPF)/Dok.Perusahaan
Gerai baru PT Matahari Department Store Tbk. (LPPF)/Dok.Perusahaan

Bisnis.com, JAKARTA - Sepanjang hari kemarin, para investor mencermati berita mengenai strategi adaptasi Matahari Department Store (LPPF) usai Lebaran.

Terkadang berkah musim Lebaran menjadi simalakama bagi emiten ritel jika tidak disertai kemampuan beradaptasi setelahnya.

Berita terpopuler lainnya mengenai bank raksasa asal Prancis yang memborong saham-saham royal dividen menjelang agenda RUPST pada Mei 2023.

Berikut daftar selengkapnya 5 berita terpopuler di Kanal Market Bisnis.com:

1. Ancang-Ancang Adaptasi Matahari (LPPF) Usai Musim Lebaran

Musim Lebaran acap jadi momentum panen cuan besar-besaran bagi emiten peritel, namun tak jarang berkah tersebut jadi simalakama bila tak disertai kemampuan beradaptasi setelahnya.

Situasi inilah yang agaknya turut diantisipasi oleh emiten ritel terafiliasi keluarga pemilik Grup Lippo, PT Matahari Department Store Tbk (LPPF). LPPF menyadari bahwa kenaikan permintaan produk fesyen pada saat lebaran tidak akan bertahan lama.

Karenanya, apabila geliat masyarakat melandai, perseroan berkomitmen untuk melakukan berbagai penyesuaian belanja, sumber daya dan pendekatan bisnis.

2. Bank Raksasa Prancis Curi Start Borong Saham-saham Royal Dividen

Bank raksasa asal Prancis, Credit Agricole Group, tancap gas memborong saham-saham royal pembagi dividen yang dijadwalkan menggelar rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) pada Mei 2023.

Berdasarkan data yang dihimpun Bisnis.com hingga Rabu (26/4/2023), sudah ada lima emiten anggota indeks IDX High Dividend 20 yang akan menggelar rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) tahun buku 2022 sepanjang periode Mei 2023.

3. Mengintip Deretan Proyek EBT Adaro Green, Siap Dibawa IPO Boy Thohir?

Adaro Green sebagai salah satu pilar terbaru PT Adaro Energy Indonesia Tbk. (ADRO) memiliki beberapa proyek energi baru terbarukan (EBT) yang tengah dipersiapkan.

Baru-baru ini, Presiden Direktur Adaro Energy Adaro Energy Indonesia Garibaldi ‘Boy” Thohir mengungkapkan rencana untuk mengantarkan Adaro Green ke lantai Bursa Efek Indonesia (BEI).

Boy menyebut rencana penawaran umum perdana saham (initial public offering/IPO) Adaro Green sejalan dengan kebutuhan investasi jumbo untuk proyek-proyek energi bersih. Namun, pihaknya memperkirakan aksi penerbitan saham baru lewat skema IPO tidak dilakukan dalam waktu dekat.

4. Jalan Terjal Perbaikan Kinerja Unilever (UNVR)

Episode murung dalam serial perjalanan bisnis PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) memang pelan-pelan menemui harapan. Namun, PR perseroan agaknya masih jauh dari kata selesai.

Sepanjang kuartal I/2023, produsen Rinso dan Pepsodent itu memang telah membukukan perbaikan margin pada segmen rumah tangga dan perawatan pribadi alias home and personal care (HPC), kontributor utama kinerja mereka.

Tepatnya, margin laba kotor di segmen ini bergeser dari 50,54 persen jadi 52,39 persen secara year-on-year (yoy). Sayangnya, angka tersebut masih separuh jalan bila dibandingkan rata-rata margin bruto segmen HPC prapandemi, yang ada pada kisaran 54-56 persen.

5. Rekomendasi Saham dan Pergerakan IHSG Hari Ini Rabu 26 April 2023

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi menguat ke level 6.850 pada perdagangan hari ini, Rabu (26/4/2023) usai libur lebaran 2023.

Research Analyst Infovesta Kapital Advisori Arjun Ajwani mengatakan outlook untuk IHSG masih positif dengan sentimen dari Federal Reserve dan Bank Indonesia (BI) yang disebut sudah mulai menunjukkan sinyal dovish untuk kebijakan suku bunga.

“Kalau kita lihat sentimen terkait the Fed dan bank sentral lain seperti BI dari sisi domestik sudah lumayan dovish menjelang semester I/2023. Hal ini akan mendorong IHSG ke level 6.850,” ujar Arjun kepada Bisnis, Selasa (25/4/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper