Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Emiten Metaverse (WIRG) Raup Pendapatan Rp1,69 Triliun

Emiten metaverse PT WIRG Asia Tbk. (WIRG) mencatatkan pendapatan konsolidasi perseroan yang mencapai Rp1,69 triliun atau naik 180 persen.
WIR Group/wirglobal.com
WIR Group/wirglobal.com

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten metaverse PT WIR Asia Tbk. (WIRG) mencatatkan kinerja positif sepanjang 2022, tecermin dari pendapatan konsolidasi perseroan yang mencapai Rp1,69 triliun atau naik 180 persen year-on-year (yoy) dari Rp605,5 miliar pada 2021. 

Raihan pendapatan WIRG dikontribusikan oleh dua segmen, yakni penjualan barang dan komisi via platform yang mencapai Rp1,35 triliun, sementara promosi dan iklan via platform masing-masing berkontribusi senilai Rp172,4 miliar. 

Kontribusi dua segmen ini meningkat jika dibandingkan dengan kontribusi pada 2021, yang mencapai masing-masing Rp433,9 miliar Rp33,4 miliar, khususnya dari segmen promosi dan iklan via platform dengan kontribusi naik hampir 2 kali lipat.

Selain itu, WIRG juga meraih peningkatan EBITDA dan laba bersih. EBITDA perseroan tercatat tumbuh 96,2 persen yoy menjadi Rp89,9 miliar, sementara laba bersih melonjak 95,3 persen menuju angka Rp48,1 miliar. 

Direktur Utama WIR Group Michael Budi Wirjatmo mengatakan WIRG terus mencatatkan sejarah baru dengan raihan pencapaian pendapatan tertinggi sejak perseroan berdiri. 

“Performa positif ini ditunjang oleh pertumbuhan dan pengembangan secara holistik dari unit-unit bisnis perseroan,” ujarnya dalam keterangan tertulis, dikutip pada Sabtu (1/4/2023). 

Dia menegaskan capaian ini menjadi pemicu perseroan untuk melanjutkan tren peningkatan, dengan menjalankan strategi pertumbuhan dan menjaga inovasi dalam industri teknologi berbasis Augmented Reality (AR), Virtual Reality, dan Artificial Intelligence.

Selain itu, WIRG juga berupaya membentuk ekosistem industri pengembangan teknologi yang dapat mengintegrasikan online to offline, serta misi edukasi teknologi web 3.0 guna menuju era masyarakat cerdas. 

“Kami meyakini bahwa yang dijalankan saat ini, dapat memberikan peluang ekonomi baru dan mendukung proses akselerasi transformasi digital di Indonesia,” pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dionisio Damara
Editor : Pandu Gumilar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper