Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Astra (ASII) Anggarkan Capex 2023 hingga Rp40 Triliun, UNTR Paling Jumbo

Sebanyak 60 persen dari total capex Astra International (ASII) tahun ini merupakan porsi belanja modal United Tractors (UNTR).
Menara Astra./Istimewa
Menara Astra./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten konglomerasi PT Astra International Tbk. (ASII) menargetkan belanja modal atau capital expenditure (capex) tahun ini naik signikan hingga mencapai Rp40 triliun.

Head of Investor Relations ASII Tira Ardianti mengatakan anggaran capex tahun 2022 mencapai Rp26,4 triliun, sedangkan tahun ini ditargetkan naik hingga Rp40 triliun dengan porsi terbanyak untuk PT United Tractors Tbk. (UNTR) sebesar 60 persen.

"Tahun ini rencana kami capex sekitar Rp40 triliun. Seingat saya bisa 60 persen dari Rp40 triliun itu dari United Tractors Group karena UNTR itu porsinya selalu yang paling besar," ujar Tira saat Buka Puasa Astra Bersama Wartawan di Jakarta, Kamis (30/3/2023).

Lebih lanjut, dia mengatakan porsi jumbo belanja modal UNTR digunakan untuk membeli alat-alat konstruksi, serta penggantian alat berat Komatsu di bisnis jasa tambang anak usahanya, PT Pamapersada Nusantara.

Sebelumnya, pada akhir tahun 2022 lalu UNTR merambah bisnis tambang nikel dengan nilai transaksi Rp4,27 triliun. Melalui perusahaan terkendalinya yakni PT Danusa Tambang Nusantara (DTN), UNTR mengakuisisi dua perusahaan nikel, yakni PT Stargate Pacific Resources dan PT Stargate Mineral Asia.

"Lalu mereka [UNTR] juga kan menandatangani CSPA untuk bisnis nikel tahun lalu, nilainya sekitar Rp4,3 triliun," ujarnya.

Tira menjelaskan anggaran capex lainnya digunakan untuk mengembangkan seluruh lini bisnis perusahaan, termasuk beberapa anak usaha baru ASII.

"Kemudian yang lain-lainnya tentunya untuk maintenance, jadi capex yang rutin memang kami anggarkan untuk bisnis-bisnis kami di otomotif, jasa keuangan, infrastruktur, dan termasuk juga investasi pada bisnis-bisnis baru astra," tandasnya.

Sebagai informasi, berdasarkan catatan pemberitaan Bisnis, belanja modal ASII sebelum pandemi mencapai Rp21 triliun pada 2019. Selanjutnya, saat pandemi menghantam, belanja modal sempat turun menjadi Rp8 triliun. 

Kemudian pada 2021, anggaran belanja modal ASII naik menjadi Rp9,2 triliun, dan pada 2022, belanja modal Astra mencapai Rp26,4 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rizqi Rajendra
Editor : Farid Firdaus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper